Source Code PHP Ujian Online CBT Berbasis Web dengan CodeIgniter

Artikel Terkait Sistem Informasi
Ujian online perkuliahan kampus berbasis computer based test (CBT) ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL serta menggunakan framework CI (Codeigniter). CI merupakan kerangka kerja pada bahasa pemrograman PHP yang menggunakan konsep MVC (Model, Views dan Controller). CBT merupakan tes dengan menggunakan komputer sebagai media dalam melaksanakan tes baik itu ujian, tes, maupun psikotes. Penyajian soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan urutan soal yang berbeda-beda. Ujian online CBT kampus ini menggunakan beberapa library diantaranya iCheck, chart, sweetalert, datatables dan lain sebagainya.

Ujian online CBT kampus berbasis web ini dikembangkan oleh Muhammad Ghifari Arfananda, untuk hak aksesnya terdiri dari tiga level akses, yaitu administrator, dosen dan mahasiswa setiap level akses memiliki hak yang berbeda-beda. Fitur dan fasilitas yang tersedia meliputi mengelola pengguna, hasil ujian, soal ujian, waktu ujian, token ujian, relasi antar dosen dengan kelas, jurusan dan mata kuliah. Setiap peserta yang selesai mengerjakan soal ujian dapat langsung melihat hasil ujian serta soal ujian dapat diurutkan ataupun juga diacak.

Berikut tampilan antarmuka dari ujian online CBT Kampus :

PHP Ujian Online CBT Kampus Berbasis Web dengan CI

PHP Ujian Online CBT Kampus Berbasis Web dengan CI

PHP Ujian Online CBT Kampus Berbasis Web dengan CI

PHP Ujian Online CBT Kampus Berbasis Web dengan CI


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak apabila menggunakan local server XAMPP simpan folder ujian-online-cbt ke dalam folder htdocs, berikutnya buat database baru dengan nama cbt kemudian import file cbt.sql yang berada di folder db ke dalam database yang dibuat barusan. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang berada di direktori application\config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'cbt',
'dbdriver' => 'mysqli',

Gunakan akun berikut untuk dapat mauk ke dalam ujian online CBT Kampus, jika menambah akun dosen atau mahasiswa baru maka untuk dosen NIP akan dijadikan password sedangkan untuk mahasiswa adalah NIM yang dijadikan pasword.
Akun Administrator
Email : admin@admin.com
Password : password

Akun Dosen
Email : obet@obet.com
Password : 90698721

Akun Mahasiswa
Email : sule@sule.com
Password : 1630511000

Apabila tertarik dengan ujian online CBT berbasis web ini dan ingin mempelajarinya maupun mengembangkannya silahkan diunduh secara gratis melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Download Source Code Ujian Online CBT Kampus

Password rar : blogbugabagi.blogspot.com
Unduh Via Mediafire

Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini 
Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).