Source Code PHP Rental Penyewaan Kamera Berbasis Web dengan CI

Artikel Terkait Sistem Informasi
Aplikasi rental kamera berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL serta menggunakan framework Codeigniter (CI). PHP merupakan bahasa pemrograman server side scripting artinya proses eksekusi kode program dilakukan disisi server bukan pada sisi klien, sedangkan CI adalah sebuah kerangka kerja pada bahasa pemrograman PHP yang menerapkan konsep MVC (Model, View dan Controller). Aplikasi penyewaan kamera ini menggunakan beberapa komponen library yang diakses melalui internet jadi nanti saat menjalankan aplikasi ini pastikan telah terkoneksi dengan internet agar layout interface tidak acak-acakan.

Aplikai rental kamera berbasis web ini dikembangkan oleh Akbar Nugroho, aplikasi selain bisa digunakan mengelola penyewaan kamera juga dapat mengelola peralatan kamera seperti tripod dan lain sebagainya. Hak akses aplikasi ini terdiri dari dua level akses, yaitu admin dan owner untuk admin sendiri memiliki fitur seperti mengelola data kamera dan peralatan yang dapat disewakan, data member, data penyewaan sedangkan untuk owner hanya sebatas melihat informasi penyewaan, member, dan peralatan kamera yang disewakan.

Berikut tampilan antarmuka dari aplikasi rental kamera ini :

PHP Rental Penyewaan Kamera Berbasis Web dengan CI

PHP Rental Penyewaan Kamera Berbasis Web dengan CI

PHP Rental Penyewaan Kamera Berbasis Web dengan CI


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian eksrak apabila menggunakan local server XAMPP simpan folder rental-kamera ke dalam folder htdocs, berikutnya buat database baru dengan nama rental kemudian import file rental.sql yang ada di folder db ke dalam database tersebut. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang berada di direktori application\config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'rental',
'dbdriver' => 'mysqli',

Gunakan akun berikut agar dapat masuk ke dalam aplikasi rental kamera.
Akun Admin
Username : admin
Password : admin

Akun Owner
Username : owner
Password : owner

Jika tertarik dengan aplikai rental penyewaan kamera berbasis web ini dan ingin mempelajarinya maupun mengembangkannya ilahkan diunduh melalui tombol yang tersedia di bawah ini secara gratis.

Download Source Code Aplikasi Rental Kamera

Password rar : blogbugabagi.blogspot.com

Unduh Via Mediafire

Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini 
Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).