Program Sistem Pakar Metode CF Diagnosa Penyakit Ibu Hamil dengan PHP CI

Artikel Terkait Sistem Pakar
Sistem Pakar atau dalam bahasa inggris Expert System merupakan sistem yang dirancang untuk mengadopsi pengetahuan dan keahlian seorang ahli ke dalam komputer sehingga dapat menyelesaikan masalah layaknya seorang pakar. Penerapan metode CF (Certainty Factor) pada Sistem pakar diagnosa penyakit ibu hamil berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL serta menggunakan framework CodeIgniter (CI). PHP merupakan bahasa pemrograman server-side scripting yang biasanya digunakan dalam membuat laman web yang dinamis sedangkan CI adalah framework pada bahasa PHP yang menggunakan konsep MVC (Model, View dan Controller).

Sistem pakar diagnosa penyakit ibu hamil dengan metode certainty factor berbasis web ini dikembangkan oleh Hardianti Arsyad, fitur yang dimiliki oleh sistem pakar ini selain mendiagnosa penyakit ibu hamil berdasarkan gejala-gejala yang dialami juga dapat mengelola data pengguna, data penyakit, data gejala dan mengelola nilai certaity factor. Diharapkan dengan adanya sistem pakar ini bisa membantu para ibu hamil dalam mendiagnosa secara dini penyakit yang dialami dengan mandiri berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan. CF atau certainty factor merupakan metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataupun tidak pasti dengan dibentuk dengan metric.

Berikut interface dari sistem pakar diagnosa penyakit ibu hamil dengan metode CF :

Sistem Pakar Metode CF pada Diagnosa Penyakit Ibu Hamil

Sistem Pakar Metode CF pada Diagnosa Penyakit Ibu Hamil

Sistem Pakar Metode CF pada Diagnosa Penyakit Ibu Hamil

Sistem Pakar Metode CF pada Diagnosa Penyakit Ibu Hamil

Sistem Pakar Metode CF pada Diagnosa Penyakit Ibu Hamil


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak apabila menggunakan local server XAMPP simpan folder sistem_pakar ke dalam folder htdocs, selanjutnya buat database baru dengan nama works_sp kemudian import file works_sp.sql yang ada di folder db ke dalam database yang dibuat barusan. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang berada di direktori application\config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'works_sp',
'dbdriver' => 'mysqli',


Gunakan akun berikut untuk dapat masuk sebagai administrator.
Akun Admininstrator
Username : admin
Password : admin

Apabila tertarik dengan sistem pakar dengan metode CF dalam mendiagnosa penyakit ibu hamil berbasis web ini dan ingin mengembangkannya silahkan diunduh secara gratis melalui tombol yang tersedia di bawah.

Download Source Code Sistem Pakar Metode CF Penyakit Ibu Hamil

Password rar : blogbugabagi.blogpot.com
Unduh Via Mediafire

Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini 
Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).