Source Code PHP Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Berbasis WEB dengan CI

Artikel Terkait Sistem Informasi
Sistem informasi bimbingan skripsi berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan juga framework Codeigniter (CI). CI sendiri merupakan salah satu framework yang cukup populer pada bahasa PHP yang menyediakan kerangka kerja pembangunan program yang berkonsep MVC (Model, Views dan Controller). Program ini cocok digunakan untuk menyediakan informasi dan mekanisme proses skripsi menjadi lebih teratur yang dilakukan secara online.

Program sistem skripsi ini dikembangkan oleh Devi Adi Nufriana.  Program ini terdiri dari 3 role pengguna, yaitu administrator, mahasiswa dan dosen. Setiap mahasiswa atau dosen yang ditambahkan akan otomatis memiliki akun dengan nim atau nidn sebagai usernamenya sedangkan untuk password defaultnya adalah 12345. Terdapat beberapa bug minor seperti ketika mengubah status mahasiswa menjadi skripsi perlu di klik kanan dan open new tab, sama halnya juga untuk menenukan kaprodi untuk setiap prodi konsentrasi musti di klik kanan open new tab di nama fakultas/jurusan.

Fitur yang dimiliki oleh program web sistem skripsi ini meliputi admin dapat melihat dan memanipulasi data mahasiswa, dosen dan jurusan. Admin dapat mengubah status mahasiswa menjadi skripsi dan menentukan dosen kaprodi konsentrasi. Bagi mahasiswa dapat mengajukan ide judul skripsi, melihat informasi pemberitahuan progress perkembangan skripsi dan juga mencetak kartu bimbingan yang dilengkapi qr code. Sedangkan bagi Kaprodi konsentrasi bisa merangkap sebagai dosen pembimbing, melihat progress perkembangan skripsi mahasiswa, menyetujui atau meninjau pengajuan ide skripsi mahasiswa serta memperbarui jadwal seminar ataupun sidang.

Berikut tampilan antarmuka dari sistem informasi bimbingan skripsi :








Intalasi
Setelah source code berhasil terunduh kemudian ekstrak. Apabila Anda menggunakan local server seperti XAMPP simpan folder sistem_skripsi ke dalam folder htdocs, berikutnya buat database baru dengan nama sistemskripsi kemudian import berkas sistemskripsi.sql yang ada di folder db ke dalam database yang barusan dibuat. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada berkas database.php yang ada di direktori application\config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'sistemskripsi',
'dbdriver' => 'mysqli',

Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang Anda gunakan. Selanjutnya buka web browser dan masukkan url localhost/sistem_skripsi. Anda dapat menggunakan akun di bawah ini agar dapat masuk ke dalam sistem.

Akun Admin
Username : admin
Password : admin

Akun Kaprodi Konsentrasi
Username : 100
Password : 12345

Akun Dosen Pembimbing
Username : 103
Password : 12345

Akun Mahasiswa
Username : 12345
Password : 12345

Apabila Anda tertarik dengan program web sistem skripsi dan bimbingan ini dan berkeinginan untuk mempelajarinya maupun mengembangkannya. Silahkan diunduh melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Download Source Code PHP Sistem Informasi Bimbingan Skripsi

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com
Unduh Via Mediafire


Bingung bagaimana cara mendownload? Silahkan baca postingan : cara mendownload terlebih dulu. Jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen-temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).