Source Code PHP Logika Fuzzy pada Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga

Artikel Terkait Metode Algoritma
Aplikasi web pengklasifikasian tingkat kesejahteraan keluarga berbasis web ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL. Proses klasifikasi tingkat kesejahteraan keluarga dilakukan dengan penerapan logika fuzzy melalui fuzzy rule inferenced system. Aplikasi ini dapat dipergunakan untuk mengklasifikasikan keluarga menjadi tiga tingkat kesejahteraan, yaitu tidak mampu, prasejahtera dan sejahtera. Untuk tampilan antarmukanya sendiri menggunakan template monsteradmin dan dilengkapi dengan library datatables dan chart.

Logika fuzzy atau biasa disebut fuzzy logic adalah salah satu cara untuk memetakan sebuah ruang input ke dalam sebuah ruang output dengan mengubah nilai real menjadi nilai fuzzy melalui konsep himpunan fuzzy. Fuzzy logic banyak diterapkan sebagai komponen utama ketika pembangunan softcomputing untuk menyelesaikan permasalahan yang mengandung ketidakpastian atau samar.

Aplikasi web klasifikasi tingkat kesejahteraan keluarga dengan menggunakan logika fuzzy ini dikembangkan kembali oleh Yoga Permana. Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini diantaranya adalah mengelola data keluarga yang akan diklasifikasikan, mengelola batas domain untuk setiap himpunan fuzzy pada variabel fuzzy tertentu, meninjau hasil nilai fuzzy pada setiap himpunan yang ada pada variabel, dan klasifikasi tingkat kesejahteraan keluarga berikut hasil klasifikasinya.

Berikut merupakan tampilan antarmuka dari aplikasi pengklasifikasian tingkat kesejahteraan keluarga dengan logika fuzzy :

Source Code PHP Logika Fuzzy pada Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga

Source Code PHP Logika Fuzzy pada Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga Berbasis Web

Source Code PHP Logika Fuzzy pada Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga Berbasis Web

Source Code PHP Logika Fuzzy pada Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga Berbasis Web

Source Code PHP MySQL Logika Fuzzy pada Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga Berbasis Web


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak. Jika Anda menggunakan local server XAMPP simpan folder kesejahteraan ke dalam folder htdocs. Langkah selanjutnya buat database baru dengan nama db_gaping, kemudian import file db_gaping.sql yang ada di folder db ke dalam database yang barusan Anda buat. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada berkas BaseModel.php yang berada di dalam folder model

public static function getDB() {
        return new \PDO("mysql:host=localhost;dbname=db_gaping", "root", "");
}

Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang Anda gunakan. Terakhir silahkan buka web browser dan masukkan url localhost/kesejahteraan.

Apabila Anda tertarik dengan penerapan logika fuzzy untuk mengklasifikasikan tingkat kesejahteraan keluarga ini dan berkeinginan untuk mempelajarinya maupun mengembangkannya kembali. Anda dapat mengunduhnya melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Download Source Code Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga dengan Fuzzy Logic

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com


Bingung bagaimana cara mendownload? silahkan baca postingan : cara mendownload. jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen-temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).