Program Sistem Penjadwalan Perkuliahan Algoritma Genetika v1 (PHP)

Artikel Terkait Metode Algoritma
Video ini berisi source code dan ulasan tentang program aplikasi penerapan sistem penjadwalan menggunakan metode algoritma genetika dan back propagation JST berbasis Web dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Studi kasus aplikasi ini adalah sistem penjadwalan mata kuliah dalam suatu universitas / perguruan tinggi yang memiliki banyak fakultas atau jurusan.

STUDI KASUS: 
Penjadwalan mata kuliah merupakan kegiatan yang sangat penting untuk proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa dan dosen yang mengajar, sehingga jadwal mata kuliah yang disusun harus dapat memfasilitasi kepentingan dosen dan mahasiswanya. Penjadwalan mata kuliah ini, dibuat dengan menggunakan algoritma genetika sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada penjadwalan perkuliahan. Penjadwalan yang dibuat disesuaikan dengan beberapa batasan yang ada di universitas, seperti ketersediaan dosen, mahasiswa yang mengambil mata kuliah, serta ketersediaan waktu dan ruang kelas.

METODE & ALGORITMA:
Sistem Penjadwalan Perkuliahan Otomatis dengan Algoritma Genetika dan JST. Algoritma genetika adalah algoritma pencarian yang berbasis pada mekanisme seleksi alam & genetika. Algoritma genetika tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah optimasi kompleks, yang sulit dilakukan oleh metode konvensional. Algoritma ini diperkenalkan oleh John Holland (1975) dari Universitas Michigan. Sifat algoritma genetika mencari kemungkinan dari calon solusi untuk mendapatkan solusi optimal dalam penyelesaian masalah. Ruang cakupan dari semua solusi yang layak, yaitu berbagai obyek diantara solusi yang sesuai, yang dinamakan ruang pencarian. Tiap titik didalam ruang pencarian mempresentasikan satu solusi yang layak. Tiap solusi yang layak ditandai dengan nilai fitnessnya. Solusi yang dicari adalah titik (satu/lebih) diantara solusi yang layak dalam ruang pencarian.

Sistem Penjadwalan Perkuliahan Algoritma Genetika

Berikut beberapa halaman dan fitur yang disediakan pada aplikasi sistem:
1. Pengolahan data:
- Mata kuliah
- Program studi
- Dosen
- Ruang
- Waktu dosen
- Mata kuliah program studi
- Ruang program studi

2. Prediksi jumlah peminat
- Ini adalah halaman untuk memprediksi jumlah peminat mata kuliah berdasarkan tahun-tahun sebelumnya
- Sistem prediksi ini adalah penerapan dari metode algoritma back propagation dalam jaringan saraf tiruan (JST)
- Dari adanya sistem prediksi, pengguna sistem dapat melihat informasi perkiraan peminat mata kuliah.

3. Penjadwalan mata kuliah
- Ini adalah halaman untuk menjadwalkan mata kuliah/perkuliahan sesuai dengan data master yang telah di inputkan pada halaman Pengolahan Data.
- Sistem penjadwalan ini adalah penerapan dari metode algoritma genetika.

4. Laporan, ini adalah seluruh laporan dan informasi yang dihasilkan oleh sistem, dari laporan data master hingga laporan data penjadwalan. Laporan ini dapat di cetak atau di export dalam bentuk format excel.

Perbedaan dengan Sistem Penjadwalan Mata Kuliah Agoritma Genetika v2:
1. Tampilan program
2. Versi 1 ini menggunakan 2 metode (algoritma genetika untuk penjadwalan & back propagation untuk prediksi peminat mata kuliah)
3. Penjadwalan dapat dilakukan untuk banyak program studi sekaligus dalam 1 perguruan tinggi/universitas.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).