Source Code PHP Sistem Administrasi dan Transaksi Percetakan PHP Mysql

Artikel Terkait Sistem Informasi
Sistem administrasi dan transaksi percetakan berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL dan juga framework Codeigniter (CI). PHP adalah satu bahasa pemrograman yang tergolong ke dalam bahasa server side scripting, artinya kode program PHP akan dieksekusi atau dijalankan pada sisi server bukan pada sisi klien. Sistem administrasi dan transaksi percetakan ini cocok digunakan untuk mengelola segala bentuk administrasi dan transaksi yang terjadi di suatu percetakan.

Sistem administrasi dan transaksi percetakan berbasis web ini dikembangkan oleh Gede Lumbung. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi percetakan ini meliputi dua role pengguna, yaitu administrator dan kasir untuk setiap role memiliki hak akses yang berbeda pula. Bagi admin dapat mengelola data pelanggan, data pengguna, informasi pembayaran yang belum lunas, informasi pembayaran yang telah lunas, jenis percetakan dan satuan, mengelola data karyawan dan gajinya, memperoleh laporan pemesanan dan pembayaran per periode tertentu dan juga melakukan backup basis data. Sedangkan bagi kasir lebih merujuk dalam hal transaksi seperti mengelola pemesanan, pembayaran yang lunas dan belum dan lain sebagainya.

Berikut user interface dari sistem administrasi dan transaksi percetakan berbasis web ini :

Source Code PHP Sistem Administrasi dan Transaksi Percetakan Berbasis WEB CI

Source Code PHP Aplikasi Percetakan Berbasis WEB CI

Source Code Program PHP MySQL Percetakan Berbasis WEB CI

Source Code Program PHP MySQL Percetakan Berbasis WEB CI

Source Code Program PHP MySQL Percetakan Berbasis WEB CI


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak. Apabila menggunakan server lokasl seperti XAMPP disarankan menggunakan versi XAMPP yang masih mendukung PHP5 dan driver mysql. Langkah pertama simpan folder app-percetakan ke dalam folder htdocs, kemudian buat database baru dengan nama db_percetakan lalu impor file db_percetakan.sql yang ada di folder db ke dalam database yang dibuat barusan. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang berada di direktori application\config.

$db['default']['hostname'] = 'localhost';
$db['default']['username'] = 'root';
$db['default']['password'] = '';
$db['default']['database'] = 'db_percetakan';
$db['default']['dbdriver'] = 'mysql';

Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang digunakan. Terakhir silahkan buka web browser dan masukkan url localhost/app-percetakan. Agar dapat masuk ke dalam sistem silahkan gunakan akun di bawah berikut ini.

Akun Admin
Username : admin
Password : admin

Akun Kasir
Username : kasir
Password : kasir

Jika Anda tertarik dengan aplikasi web percetakan yang dibangun menggunakan PHP dan CI ini dan berkeinginan untuk mempelajarinya ataupun mengembangkannya kembali. Anda dapat mengunduh program ini melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Download Source Code PHP Sistem Percetakan

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com


Kesulitan saat akan mendownload? silahkan baca postingan  cara mendownload terlebih dahulu, siapa tahu bisa mebantu. Apabila terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen-temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).