Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP dan CI

Artikel Terkait Sistem Informasi
Hai sobat blogbugabagi pada kesempatan kali ini saya mau membagikan sebuah source code php berbasis web tentang sistem informasi perpustakaan secara gratis, program ini bisa diterapkan di perpustakaan sekolah maupun taman baca. Program ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 7 dengan framework CodeIgniter (CI). CI sendiri merupakan sebuah kerangka kerja pengembangan web dengan konsep MVC (Model, Views, Controller).

Sistem informasi perpustakaan ini merupakan pengembangan dan telah terdapat perubahan baik dari segi tampilan antarmuka maupun fitur di dalamnya. Program ini memiliki tiga hak level akses yang pertama yakni siswa atau umum terdapat fitur untuk mencari daftar buku yang tersedia. Kedua yaitu petugas perpustakaan terdapat fasilitas seperti mengelola anggota perpustakaan, data buku, peminjaman dan pengembalian buku. Ketiga adalah admin fiturnya sama seperti petugas hanya saja pada level admin terdapat fasilitas untuk menambah atau merubah akun petugas dan admin. Program ini berfokus pada manajemen transaksi buku seperti peminjaman dan pengembalian buku.

Berikut adalah tampilan antarmuka sistem informasi perpustakaan : 

SI Perpustakaan

SI Perpustakaan

Admin SI Perpustakaan

Petugas SI Perpustakaan

Pastikan sebelum program dijalankan terlebih dahulu buat database lalu import file perpus.sql yang berada di folder perpus\database setelah database berhasil diimport buka file database.php yang terdapat di folder perpus\application\config selanjutnya sesuaikan koneksi database dengan pengaturan temen-temen, terutama di bagian ini.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'perpus',
'dbdriver' => 'mysqli',


Untuk dapat masuk sebagai admin dan petugas perpus diperlukan akun dalam proses login.
Akun admin perpustakaan
nama pengguna : admin
kata sandi : admin

Akun petugas perpustakaan
nama pengguna : 1630511
kata sandi : petugas

Jika temen - temen tertarik dan ingin mengembangkan ataupun mempelajari program berbasis web mengenai istem informasi perpustakaan ini silahkan di unduh melalui link dibawah. 

Download Source Code PHP Sistem Informasi Perpustakaan dengan CI

Password : blogbugabagi.blogspot.com
Via Mediafire 
Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini 
Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temenya. Salam Berbagi.


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).