Menentukan Bilangan Prima Pada Interval Tertentu Pada Bahasa Python

Artikel Terkait Tutorial Python
Bilangan prima merupakan bilangan yang memiliki nilai lebih besar dari 1 dan hanya mempunyai faktor 1 dirinya sendiri. Sebagai contoh 2, 3, 5, 7 dan seterusnya merupakan bilangan prima. 8 tidak termasuk ke dalam bilangan prima karena mempunyai faktor lain 2 x 4 = 8.

Untuk menentukan sebuah bilangan prima, kita akan menyelesaikan permasalahan tersebut dan mencari solusi dengan membuat sebuah program yang dapat mencari bilangan prima berdasarkan interval tertentu dari hasil penginputan interval bilangan prima. Perhatikan kode program menentukan bilangan prima di bawah.

lower = int(input("Bilangan Prima dari :"))
upper = int(input("Bilangan Prima hingga :"))
print("Bilangan Prima Antara ",lower,"hingga",upper,":")
for num in range(lower,upper + 1):
if num > 1:
for i in range(2, num):
if (num % i) == 0:
break
else:
print(num)

Pada kode program di atas batas bilangan disimpan di dalam sebuah variabel. Variabel yang berguna untuk menyimpan batas atas adalah variabel upper sedangkan variabel lower untuk menyimpan batas bawah dari interval bilangan prima. Proses penentuan bilangan prima dilakukan dengan melooping num yang memiliki kondisi dan parameter tertentu.

Apabila kode program di atas dijalankan maka akan menghasilkan output seperti gambar di bawah ini dengan interval yang diinputkan dari 1 hingga 50.

Output Bilangan Prima Python
Output


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).