Ringkasan Teknologi Internet Dalam Telekomunikasi

Artikel Terkait Teknologi

Teknologi Internet

Internet merupakan singkatan dari kata “International Network” atau biasa juga disebut dengan “The Net”. Internet merupakan network dari segala network yang mencakup seluruh dunia yang telah mengubah cara manusia dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Network atau jaringan adalah jaringan komputer yang terjalin sedemikian rupa sehingga komputer dapat berkomunikasi satu dengan lainnya.

Teknologi Internet Dalam Telekomunikasi
Sumber gambar : aturduit.com

Akses ke Internet

Agar terkoneksi dengan jaringan internet maka perlu menghubungkan terminal komputer pengguna dengan perantara penyedia jaringan internet atau disebut ISP (Internet Service Provider). Koneksi dengan ISP dapat dilakukan dengan dua metode yaitu dial-up  leased line.

Kemampuan Internet

  • FTP (File Transfer Protocol) Kemampuan internet dalam pertukaran berkas antar perangkat yang tersambung dalam jaringan baik itu mengunduh atau mengunggah.
  • World Wide Web Kemampuan Internet dalam mengirim, mengakses dan mencari data dimanapun dan kapanpun baik dalam bentuk teks, audio ataupun visual.
  • IRC (Internet Relay Chat) kemampuan internet dalam berkomunikasi via teks dari hasil inputan keyboard.
  • Audio & Video Conferencing kemampuan internet dalam memfasilitasi komunikasi sekelompok pengguna di tempat yang terpisah baik secara audio maupun dengan visual atau gambar.

Pemanfaatan Internet

Sarana Penyampaian dan Memperoleh Informasi
Banyak organisasi yang tampil sebagai komunikator dengan menyampaikan pesan melalui web misalkan tentang barang atau produk, jasa, hiburan dan lain sebagainya. Komunikator merupakan pihak yang menghasilkan produk web dengan menggunakan web sebagai media dalam mengantarkan informasi sesuai dengan sasaran komunikasi.

Beberapa Masalah Pada Penerapan Teknologi Inernet

  • Memudahkan distribusi illegal copies
  • Memudahkan persebaran virus, worm,  junk e-mail atau spam
  • Memudahkan praktek peretasan, cracking dan carding
  • Dan lain sebagainya

Baca juga postingan berikut Tips aman internetan

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).