Program PHP Sistem Pakar Kerusakan Komputer Berbasis Web dengan CI

Artikel Terkait Sistem Pakar

Sistem pakar (expert system) adalah sebuah sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar. Sistem pakar sendiri merupakan cabang dari disiplin ilmu kecerdasan buatan, dengan bekerja untuk mengadopsi pengetahuan pakar pada sistem komputer. Sistem pakar diagnosa kerusakan komputer berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 5 dan basisdata MySQL serta menggunakan Codeigniter (CI).

Sistem pakar ini dapat digunakan dalam membantu para pengguna atau teknisi komputer untuk mendiagnosa kerusakan komputer dari sisi hardware-nya. Sistem pakar ini mempunya 5 jenis kerusakan dan 13 gejala yang sering dialami ketika komputer rusak. Tentunya gejala dan jenis kerusakan komputer ini dapat ditambah lagi tidak terbatas pada 5 jenis kerusakan dan 13 gejala saja.

Sistem pakar diagnosa kerusakan hardware komputer berbasis web ini dikembangkan oleh Alfonso. Sistem pakar ini memiliki dua role pengguna, yaitu administrator dan member. Fitur yang tersedia untuk member, yaitu melakukan diagnosa kerusakan komputer dan mendapatkan hasil diagnosanya. Sedangkan untuk administrator fitur yang dimilikinya yaitu mengelola data kerusakan, data gejala, basis pengetahuan, laporan dan lain sebagainya.

Berikut tampilan antarmuka dari sistem pakar diagnosa kerusakan komputer :

Source Code PHP Sistem Pakar Kerusakan Komputer Berbasis Web dengan CI

Source Code PHP Sistem Pakar Kerusakan Komputer Berbasis Web dengan CI

Source Code PHP Sistem Pakar Kerusakan Komputer Berbasis Web dengan CI

Source Code PHP Sistem Pakar Kerusakan Komputer Berbasis Web dengan CI


Instalasi

Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak. Apabila menggunakan tools XAMPP disarankan menggunakan versi XAMPP lawas yang masih mendukung PHP 5 dan driver mysql. Langkah pertama simpan folder eskomputer ke dalam folder htdocs. Langkah selanjutnya buat database baru dengan nama es_komputer, kemudian import berkas es_komputer.sql yang ada di folder db ke dalam database yang barusan dibuat. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada berkas database.php yang berada pada direktori application\config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'es_komputer',
'dbdriver' => 'mysql',

Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang Anda gunakan. Terakhir masukkan url localhost/eskomputer. Agar dapat masuk gunakan akun dibawah ini.

Akun Administrator
Username : alfonso
Password : alfonso

Akun Member
Username : member
Password : member

Jika Anda tertarik dengan sistem pakar kerusakan komputer yang dibangun menggunakan CI dan bahasa PHP ini, Anda dapa mengunduhnya melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Download Source Code Sistem Pakar Kerusakan Komputer

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com

Kesulitan saat akan mendownload? silahkan baca postingan  cara mendownload terlebih dahulu, siapa tahu bisa mebantu. Apabila terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen-temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).