Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode TOPSIS Berbasis WEB

Artikel Terkait Decision Support
Sistem pendukung keputusan menerapkan metode TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution) dalam menghasilkan output yang bisa membantu dalam membuat keputusan. TOPSIS adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang pertama kali diperkenalkan oleh Yoon dan Hwang pada tahun 1981. Metode ini banyak digunakan untuk pengambilan keputusan yang mempunyai multikriteria atau kriteria yang banyak. Sistem pendukung keputusan ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. PHP merupakan bahasa pemrograman server-side scripting artinya proses eksekusi kode program dilakukan disisi server bukan disisi client. Tampilan antarmukanya menggunakan library dari Boostrap.

Sistem pendukung keputusan dengan metode TOPSIS berbasis WEB ini dikembangkan oleh Alan Saputra Lengkoan. Pada program ini terdapat fitur untuk mengelola nilai kriteria, poin, nilai matriks dan juga nilai alternatif sehingga dapat digunakan untuk mendukung keputusan pada objek yang berbeda dengan menentukan aturan TOPSISnya.

Berikut tampilan antarmuka dari sistem pendukung keputusan dengan metode TOPSIS

Sistem Pendukung Keputusan Metode TOPSIS Berbasis WEB

Sistem Pendukung Keputusan Metode TOPSIS Berbasis WEB


Instalasi
Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak apabila menggunakan XAMPP simpan folder spktopsis ke dalam folder htdocs, setelah itu buat database baru dengan nama topsis kemudian import file topsis.sql yang berada di dalam folder db ke dalam database yang dibuat tadi. Untuk melakukan penyesuaian konfigurasi koneksi database terdapat pada file koneksi.php.

$host = localhost;
$user = root;
$pass = ;
$db   = topsis;

Apabila tertarik dengan penerapan metode TOPSIS pada sistem pendukung keputusan ini dan ingin mempelajarinya maupun mengembangkannya silahkan diunduh melalui tautan di bawah.

Download Source Code PHP SPK Metode TOPSIS Berbasis WEB

Password rar  : blogbugabagi.blogspot.com

Unduh Via Mediafire

Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini 
Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temenya. Salam Berbagi.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).