6 Tips Agar Aktivitas Coding-mu Tidak Membosankan

Artikel Terkait Pemrograman
Menyenangkan bukan jika kita melihat para penjelajah. Hari ini mereka ada di suatu tempat, besoknya ada di tempat yang lainnya. Hari ini ada di sini, besoknya ada di belahan dunia yang lain. Mereka mengunjungi banyak tempat, bertemu dengan banyak orang, melihat hal-hal berbeda setiap hari.
Lantas bagaimana dengan kita para developer atau programmer? Kita hanya duduk di kursi, menatap layar monitor, sambil menuliskan kode-kode yg rumit dari zaman ke zaman. Kalau pun kita bertemu dengan orang lain mungkin hanya itu-itu saja. Jangan tanya tentang tempat! Radius pergerakan kita secara rutinitas perhari mungkin hanya sebatas beberapa KM saja. Membosankan? Ya… terkadang itu sangat membosankan.

Sebenarnya programmer adalah orang-orang yang paling tidak suka melakukan hal-hal yang sama berulang-ulang, itulah sebabnya ada istilah “looping” dalam programming. Menurut saya, selain untuk kemudahan tujuannya adalah untuk menghindari kebosanan. Bagaimana tidak, coba bayangkan misalnya hanya untuk menulis angka dari 1 sampai dengan 1000 kita harus mengetiknya?! Sangat membosankan kawan! Itulah kenapa kita bisa menggunakan for, while, do while dan lainnya.

Pada prinsipnya, semua awal mula dari kebosanan adalah “aktivitas yg sama berulang-ulang”. Anda bosan dengan sekolah, karena setiap hari harus ke sekolah, menggunakan seragam yang itu-itu saja, membaca buku, bertemu guru. Begitu juga, Anda bosan dengan pacarmu, karena mungkin aktivitasnya sudah bisa ditebak, apa yang dilakukan dengannya hanya itu-itu saja. Membosankan. Ya… hampir semua yang bisa bikin bosan atau jenuh adalah aktivitas yang sama berulang-ulang.

Tentu saja jika kita telah terjerumus dalam dunia hitam ini (programming), kita akan sulit untuk keluar. Dan memang kami sarankan untuk tidak keluar. Hehehe :D. Kita sudah pasti akan berhadapan dengan layar monitor setiap hari, code editor menjadi aplikasi paling sering kita buka, kopi adalah teman dan hiburan yang paling mungkin adalah game dan film. Aktivitas itu sudah tidak bisa dihindari lagi. Rutinitas itu akan terjadi. Namun bukan berarti neraka. Kita masih bisa membuat rutinitas itu menjadi tidak membosankan, atau paling tidak, tidak terlalu membosankan.

Tips Agar Aktivitas Coding-mu Tidak Membosankan

Berikut ini adalah 6 tips yang bisa Anda lakuin supaya aktivitas codingmu menjadi tidak membosankan!

1. Codinglah di tempat berbeda
Cobalah coding di tempat berbeda dari biasanya. Anda biasa coding di ruang kerja, maka pergilah ke halaman dan codinglah di sana. Anda biasa coding di kamar tidur, maka codinglah di kamar mandi. Anda biasa coding di rumah, maka pergilah ke kafe dan codinglah di sana. Intinya cobalah cari suasana kerja berbeda.

2. Gunakan bahasa pemrograman / framework yang berbeda
Ada banyak sekali bahasa pemrograman di dunia, dan Anda hanya menggunakan satu saja dalam keseharianmu? Maka cobalah gunakan bahasa pemrograman yang berbeda, pelajari hal baru. Atau kalaupun tidak menggunakan bahasa pemrograman berbeda, maka cobalah dengan framework berbeda.

3. Gunakan code editor yang berbeda
Kamu biasa menggunakan Notepad++? Maka cobalah Sublime Text! Anda terbiasa dengan Sublime, cobalah Brackets. Ada banyak sekali code editor yang bisa Anda coba yang menghadirkan pengalaman berbeda. Tidak untuk gonta-ganti, namun untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. Ingat, Anda terbiasa dengan sesuatu bukan berarti tidak ada yang lebih baik dari itu! Anda belum mencobanya saja. :D

4. Ganti waktu codingmu
Kamu biasa coding siang hari? Maka cobalah untuk tidur di siang hari dan coding di malam hari! Begitu juga sebaliknya, Anda biasa begadang untuk coding, maka tidurlah! Codinglah di pagi hari! Ini akan membuat suasana yang berbeda.

5. Codinglah untuk sesuatu yang menyenangkan
Kamu biasa coding untuk mencari uang? Anda coding apapun yang diminta klien, baik Anda menyukainya atau tidak? Maka, sekali-kali Anda harus coding khusus untuk membuat sesuatu yang menyenangkan! Anda bisa membuat sebuah wesbite untuk menyatakan cinta kepada gebetan. Anda juga bisa membuat game khusus untuk anakmu yang masih kecil. Anda juga bisa coding untuk mengerjai teman-temanmu. Ya apapun itu, cobalah sekali-kali tidak terlalu serius dan tidak menggunakan coding hanya untuk pekerjaan dan profesimu saja. Cobalah coding untuk sesuatu yang menyenangkan.

6. Isenglah sekali-kali
Jangan terlalu serius Jou. Cobalah sekali-kali gunakan ilmu programming yang Anda miliki untuk sesuatu yang iseng. Itu akan menarik. Misalnya, membuat aplikasi yang bisa mengagetkan pacarmu, misalnya dengan membuat aplikasi hantu yang keluar tiba-tiba. Atau cobalah buat aplikasi untuk memata-matai temanmu. Hehehe :D

Itu saja tips dari kami yang mudah-mudahan bisa bermanfaat. Intinya buatlah coding itu menyenangkan kawan! Kita memang tidak bisa melakukan banyak hal, seperti penjelajah yang bisa mengunjungi tempat-tempat seru setiap hari. Kita juga tidak bisa bertemu dengan orang-orang baru setiap hari. Mungkin kita hanya bisa bertemu dengan orang-orang yang itu-itu saja. Kita juga mungkin hanya bisa menatap layar monitor. Tapi bukan berarti kita tidak bisa membuatnya menjadi menyenangkan.


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).