Cara Mengganti Caption CommandButton di VB6

Artikel Terkait Tutorial VB6
Cara Menukar atau Mengganti Caption CommandButton dengan kode di VB6 - Kali ini tip dan trik visual basic ingin membagikan sebuah trik yaitu menukar Caption CommandButton dengan kode vb, terkadang kita membutuhkan aksi tukar property Caption dari sebuah object CommandButton. Misalnya menukar Caption Button Star menjadi Stop atau sebaliknya dari caption Stop menjadi Star.

Sebenarnya kasus seperti sering kita temukan pada saat kita hendak ingin memutar musik dimana ketika Anda menekan sebuah tombol Play, maka tombol yang kita tekan itu akan berubah menjadi Stop dan sebaliknya ketika kita tekan tombol Stop maka akan berubah menjadi Play. Commandbutton seperti ini cocok untuk program yang memiliki banyak tombol untuk menghemat ruang form, tetapi tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi command yang akan dibuat dalam artian command tersebut harus berpasangan,misal Play dengan Stop, Add dengan Save atau Edit dengan Save dan lain-lain

Untuk itu pada tip kali ini tip dan trik visual basic ingin membagikan kepada Anda bagaimana kasus di atas bisa dibuat dengan kode VB6. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatannya:

Cara Menukar atau Mengganti Caption CommandButton dengan kode di VB 6

1. Buka Form Standar VB6 Anda
2. Tanamkan 1 CommandButton di Form.
3. Buka jendela kode dengan F7, lalu ketik kode dibawah ini:

Private Sub Form_Load()
'menuliskan caption di commandbutton
Command1.Caption = "Star"
End Sub


Private Sub Command1_Click()
If Command1.Caption = "Star" Then
'ketika tombol star di tekan akan menjadi Stop
Command1.Caption = "Stop"
Else
'ketika tombol Stop di tekan akan menjadi Star
Command1.Caption = "Star"
End If
End Sub

4. Simpan hasil pekerjaan Anda dan jalankan program

Catatan :
Apabila kita terjemahkan logika diatas dengan bahasa kita sehari-hari adalah sebagai berikut:Apabila Anda menekan Tombol yang bertuliskan Star maka akan berganti tulisan tersebut menjadi Stop jika tidak (else) tombol yang bertuliskan Star (tombol masih bertuliskan Stop) maka tukar menjadi tulisan Star.

Demikianlah tip dan Cara menukar Caption yang terdapat pada sebuah CommandButton menggunakan kode dengan VB6.0


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).