Cara Menghubungkan / Koneksi Visual Basic 6.0 ke Database MySQL

Artikel Terkait Tutorial VB6
Cara Koneksi VB ke MySQL - Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengetahuan tentang cara bagaimana mengkoneksikan Visual Basic ke Database MySQL. sekilas tentang SQL

SQL merupakan kepanjangan dari Struktur Query Language kalo diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Bahasa Query yang terstruktur. sedangkan Query sendiri merupakan perintah untuk mengakses data dari tabel yang terdapat pada database, ada yang berpendapat bahwa Query adalah perintah untuk memanipulasi data dan menampilkan data dari database.

SQL merupakan bahasa pemrograman yang menjadi Standart Informasi International karena bisa bekerja pada semua jenis interface baik Pemrograman berbasis Dekstop atau berbasis web. jika kalian ingin menekuni pemrograman kalian harus bisa SQL terlebih dahulu guys. sangat mudah kok. nanti admin akan berbagi tentang SQL itu sendiri. kita sama-sama belajar ya guys. 
Cara Menghubungkan Database dan Koneksi Visual Basic 6.0 ke Database MySQL
Koneksi VB ke MySql: Visual basic sendiri merupakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi berbasis Dekstop dimana visual basic ini sampai sekarang masih banyak digunakan oleh programmer. kelebihan dari perangkat lunak ini mampu bekerja pada spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi guys. jadi kalian tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi untuk melakukan instalasi perangkat lunak ini. tidak seperti Netbeans yang memiliki syarat maksimum untuk memasangnya. bahasa di VB pun sangat mudah dipahami. Jika kalian mau mengembangkan pengetahuan kalian di VB buat programpun akan mudah dan mendapatkan uangpun akan mudah guys.

Visual basic sebenarnya memiliki database tersendiri yaitu VDM (Visual Data Manager) dimana database ini memilik extensi .mdb atau akan berbentuk access 2003, hanya saja sangat terbatas guys. penyimpanannya pun terbatas jadi harus menggunakan database eksternal untuk mengatasi permasalahan itu salah satunya dengan menggunakan MySQL, MySQL ini sangat ringan akan tetapi penampungan datanya sangat besar, rata-rata programmer sekarang beralih ke MySQL ini guys. banyak kelebihannya salah satunya adalah bisa dibuat Offline maupun Online. wah keren kan? koneksi VB ke MySQL itu sangat mudah kok. disini admin akan tuliskan langkah-langkahnya. bagi kalian yang masih newbie ikuti langkah-langkahnya ya biar gak tersesat. biar gak panjang lebar yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah-Langkah mengkoneksikan VB ke MYSQL

  • Langkah pertama kalian harus membuat database terlebih dahulu melalui MySQL, dalam hal ini admin menggunakan Xampp, jika kalian belum punya kalian bisa download disini.
  • disini admin membuat database dengan nama DBApotek. kalian boleh membuat database lain.
  • setelah membuat database langkah selanjutnya kalian harus install MySQL connector terlebih dahulu, fungsinya MySQL connector ini sebagai pihak ke tiga yang menjembatani antara VB ke MySQLnya. kalian bisa download disini guys. installnya mudah kok tinggal di next saja sampai finish.
  • Jika sudah bukalah aplikasi visual basicnya guys. lalu buat satu form saja seperti ini.
Cara Menghubungkan / Koneksi Visual Basic 6.0 ke database MySQL
  • Langkah berikutnya menampilkan Ado data control melalui, menu project Component, kemudian beri tanda centang pada Microsoft Ado Data Control 6.0 seperti gambar berikut.
Cara Menghubungkan Database

  • yang terjadi pada Form control anda akan tampil icon baru yaitu adodc (lihat form control sebelah kiri) seperti gambar berikut:
Cara Menghubungkan / Koneksi Visual Basic 6.0 ke database MySQL
  • Jika sudah klik adodcnya kemudiah letakkan di form, seperti gambar berikut:
Cara Menghubungkan / Koneksi Visual Basic 6.0 ke database MySQL

  • Langkah berikutnya kalian bisa membuat modul, dengan cara klik menu project pilih add module seperti gambar dibawah ini.
Koneksi Visual Basic 6.0 ke Database MySQL
  • akan muncul jendela baru langsung klik Oke saja guys. maka akan tampil Jendela putih bersih, langsung saja ketikkan perintah ini guys. kenapa kita menggunakan modul? modul merupakan tempat untuk mendeklarasikan variabel yang bersifat public artinya setiap variabel yang kalian letakkan disitu bisa digunakan oleh semua form dalam satu project jadi lebih efektif dalam penggunaan coding guys. langsung ketikkan perintah berikut kedalam modul kalian.
Cara Menghubungkan / Koneksi Visual Basic 6.0 ke database MySQL

Penjelasan dari perintah di atas bisa kalian lihat pada gambar berikut:
Cara Koneksi VB ke MySQL

Jika sudah, simpan modul beserta form yang sudah anda buat, untuk melakukan koneksi, silahkan anda aktif pada formnya. kemudian double klik pada form atau menuju form load, ketikkan call nama function atau procedure yang ada dimodule tadi, dalam hal ini nama function atau procedurenya adalah koneksidb. lihat gambar berikut:
Cara Menghubungkan / Koneksi Visual Basic 6.0 ke database MySQL
Kemudian jalankan form kalian dengan tekan F5 atau play pada toolbarnya, jika berhasil maka form itu akan running tanpa error, mudah bukan guys. selamat mencoba dan semoga bermanfaat. terimakasih telah setia menjadi reader rumah-pemrograman. tunggu postingan berikutnya guys. salam pintar. :D
Tag : Cara Menghubungkan / Koneksi Visual Basic 6.0 ke database MySQL


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).