Cara Termudah Export Data Ke Excel dengan Pemrograman VB6

Artikel Terkait Tutorial Database
Cara Export Data Ke Excel VB6.0 - Selamat malam sahabat rumah pemrograman.blogpost.com yang berbahagia, sudah istirahat ya? semoga kesibukan tadi menjadi suatu ibadah. amin ya rabbal alamin. pada kesempatan ini admin ingin membahas cara melakukan export data ke Excel dari VB6, yang pasti dengan database MySQL.

Ini salah satu hal yang penting juga dalam pembuatan program, karena tidak semua laporan yang diminta ditampilkan di data report, ada sebagian user yang ingin mengolahnya lagi menjadi laporan yang lebih detail seperti laporan Laba/Rugi contohnya maka dibutuhkan fasilitas untuk melakukan export data ke dalam file lain. dalam hal ini export data akan dikeluarkan dalam bentuk xls atau excel. program apapun sebenarnya bisa terintegrasi dengan excel, termasuk VB6 bahkan ada sebagian program yang databasenya sudah menggunakan Excel jadi sebagai programmer kita harus mampu mengembangkannya. terkadang ada sebagian pengguna program yang meminta laporan dalam bentuk excel biasanya laporan dalam bentuk excel untuk dikirim via email. jika menggunakan data report laporan harus diprint out, maka tidak memungkinkan untuk dikirim via email.
Cara Termudah Export Data Ke Excel dengan Pemrograman VB6
Export Data Ke Excel: salah satu yang menjadi tantangan bagi admin pada saat menangani project adalah banyaknya permintaan pengguna yang terkadang tidak mampu dinalar, itu bukanlah hal yang menjengkelkan akan tetapi tantangan supaya admin menjadi lebih pintar. sebagai seorang developer program kita harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang muncul. salah satu yang membuat admin pusing adalah permintaan pengguna agar data yang ada bisa di export di excel, akhirnya admin mencoba untuk mencari berbagai tutorial di internet, usut punya usut proses export data di excel ternyata tidak seribet yang admin fikir. sebenarnya banyak tutorial yang memuat hal ini akan tetapi admin coba modifikasi sehingga menjadi lebih mudah untuk memahaminya. jika kalian ingin mencoba untuk membuat aplikasi export data berikut langkah-langkah yang bisa kalian coba, simak ya guys.

Langkah-Langkah Export Data Ke Excel di VB6:

  • Langkah awal yang pasti kita harus punya database dan tabel, seperti biasa guys. dalam hal ini admin menggunakan database MySQL, berikut struktur tabel dan isi tabel yang admin buat:
Export Data Ke Excel VB6

Export Data Ke Excel VB6

  • Langkah berikutnya membuat interfacenya, berikut interface yang admin desain. bisa kalian lihat pada gambar berikut:
Export Data Ke Excel VB6
  • Langkah berikutnya kalian harus mengatur koneksi, seperti biasa guys. kalian harus mengkoneksikan form yang anda buat pada database.
  • Langkah selanjutnya yaitu menampilkan tools yang digunakan untuk melakukan export data yaitu Excel Library yang bisa kalian tampilkan melalui menu project reference, seperti gambar berikut:
Export Data Ke Excel VB6

  • Langkah selanjutnya, ketikkan listing code berikut pada modul anda, pastikan pada posisi General Declaration seperti yang terlihat pada gambar berikut:
  • Langkah Terakhir yaitu mulai menyusun listing code export data, ketikkan perintah berikut pada tombol Export Data.
  • pada dbRec.Open "Sesuaikan dengan nama tabel yang anda ingin export datanya pada Excel", pelajari cara menampilkan data dengan MySQL.
  • Sekarang Coba Klik Tombol Export data, jika berhasil maka akan muncul pesan berikut, lihat gambar dibawah ini.
Export Data Ke Excel VB6

Jika anda berhasil maka data yang terdapat pada TbObat tersebut akan muncul dalam bentuk Excel seperti gambar berikut:
Export Data Ke Excel VB6

Bagaimana guys sangat mudah bukan? begitulah langkah-langkah melakukan export data ke excel di VB6, semoga artikel ini bermanfaat, tunggu postingan admin berikutnya ya guys. Salam Pintar :D


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).