Objek-objek Standar dan Komponen Visual Basic 6.0 serta Fungsinya

Artikel Terkait Tutorial VB6
Objek Objek Standar yang Ada di Visual Basic 6.0 dan Fungsinya - Pada pertemuan kali ini tip dan trik akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang objek-objek standar yang ada di Visual Basic 6.0. Maksud dari objek standar disini adalah objek yang biasa kita gunakan untuk membuat sebuah program yang kita tanamkan di dalam form. Objek tersebut secara standar berada di Toolbox yang sering kita pakai diantaranya adalah Label, TextBox, CommandButton dan lain-lain.

Ketika kita memilih sebuah objek misalnya kita akan memilih objek Lebel yang kita tanamkan di Form, maka ketika kita mengklik objek tersebut di form akan terdapat sebuah Properti di samping form yaitu properti Label yang berfungsi untuk memanifulasi objek tersebut (Label) diantara properti Label adalah misal (Name), Caption, Font dan lain-lain.
Fungsi Objek Objek Standar dan Komponen Visual Basic 6.0
Untuk lebih jelasnya tentang objek standar mari kita akan bahas satu per satu lengkap dengan fungsi dan kegunaan propertinya :

A. Label

Label digunakan untuk menampilkan tulisan/teks dalam program, dan tidak dapat diubah oleh pengguna pada saat program tersebut dijalankan kecuali melalui kode program.

Keterangan mengenai kegunaan properti-properti yang ada di Label hampir sama dengan properti yang kami sudah bahas sebelumnya diblog ini.

Berikut adalah Properti lainnya yang dimiliki Label yang belum Anda ketahui:

Properti
Kegunaan
AutosizeUntuk menentukan apakah ukuran Label secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran tulisan didalamnya
BackStyleUntuk menentukan perilaku latar belakang Label (0-Transparant, 1-Opaque)
CaptionUntuk menentukan/membuat tulisan pada Label di form
DragIconUntuk menentukan ikon yang digunakan pada operasi drag and drop pada Label
DragModeUntuk menentukan modus drag and drop (0-manual, 1-Automatic)
IndexUntuk menetukan nomor Index, jika Label merupakan Array
TolTipTextUntuk menentukan tulisan tipis ketika mouse pointer berada diatas Label
TopUntuk menentukan jarak antara bagian atas Label dengan Form
UseMnenomicUntuk menentukan perlakuan tanda & ampersand sebagai access Key atau senbagai simbol & (False, True)
WordWrapMenetapkan apakah tulisan yang ada dalam Label akan disesuiakan dengan lebar Label secara otomatis atau tidak (False, True)

Untuk Event pada Label hampir sama yang kami sudah tulis pada artikel sebelumnya.Sedangkan Event lainnya adalah :

Event
Keterangan
ChangeTerjadi ketika nilai properti Caption dari Label berubah


B. TextBox 

TextBox digunakan sebagai tempat bagi pengguna untuk memasukan teks atau mengubah teks pada saat program berjalan. Untuk Properti TextBox mengenai kegunaanya sudah hampir sama dengan yang kami tuliskan dalam artikel sebelumnya.

Sedangkan utnuk properti lainya yang dimiliki Textbox adalah sebagai berikut :

Properti
Kegunaan
CauseValidationUntuk menentukan apakah Event validate diaktifkan ketika TextBox akan kehilangan fokus
HideSelectionUntuk menentukan apakah Selection disembunyikan ketika TextBox kehilangan fokus
LockedUntuk menentukan apakh Teks yang ada dalam TextBox dapat diubah oleh pengguna atau tidak
MaxLengthUntuk menentukan jumlah huruf maksimal yang dapat diketik di TextBox ( 0 - 65535)
MultiLineUntuk menentukan apakah tulisan TextBox dapat ditampilkan beberapa baris, serta mengenali penekanan tombol Enter (False, True)
PasswordCharJika diisiskan sebuah karakter tertentu misalnya karakter * maka semua tulisan yang ada diTextBox kan berubah menjadi karakter tersebut
ScrollsBarUntuk menentukan Scrollbar pada TextBox, ini jika di set menjadi MultiLine True (0-None, 1-Horizontal, 2-Vertikal, 3-Both)
TabIndexMenentukan urutan TabIndex, 0 berarti TextBox pertama mendapat fokus ketikan tombol Tab ditekan,ini jika proiperti TabStop di set True
TabStopUntuk menentukan apakh TextBox dapat menerima fokus karena penekanan tombol Tab oleh pemakai (False, True)
TextUntuk menentukan/menuliskan tulisan yang ada di TextBox

Event
Keterangan
ChangeTerjadi ketika nilai properti Text dari kontrol TextBox berubah
ValidateTerjadi ketika TextBox akan kehilangan fokus


C. CommandButton 

CommandButton digunakan untuk membuat tombol dalam Form. Berikut adalah Properti lainnya dari CommanButton :

Properti
Kegunaan
CancelUntuk menentukan apakah commandbutton adalah perintah Camncrl untuk form tersebut, jika diset True maka tombol Esc akan mebangkitkan event Click
DefaultUntuk menentukan apakah CommandButton merupakan default Command untuk form tersebut, jika diset True penekanan tombol Enter akan membangkitkan event Click
MaskColorUntuk menentukan warna Bitmap yang kan dijadikan transparan, properti dapat digunakan jika picture berformat *.BMP dan properti UseMaskColor diset True
PictureUntuk menentukan gambar yang kan diletakan didalam CommandButton
StyleUntuk menentukan Style yang digunakan pada CommandButton (0-Standar. 1-Graphical)
UseMaskColorUntuk menentukan apakah CommandButton dapat menggunakan MaskColor atau tidak


D. OptionButton

OptionButton digunakan untuk menampilkan beberapa pilihan dalam Form dengan mengaktifkan salah satu OptionButton saja. Agar dapat memilih lebih dari satu pilihan maka letak optionButton tersebut pada Frame yang berbeda. Berikut dibawah ini adalah Properti lainnya dari OptionButton :

Properti
Kegunaan
DisablePictureUntuk menentukan gambar yang ditampilkan ketika OptionButton disable (Enabled=False), ini jika Style diset menjadi Graphical
DownPictureUntuk menentukan gambar yang ditampilkan ketika option button dipilih (Value=True), ini jika Style diset True
ValueUntuk menentukan nilai OptionButton (True = terpilih, False = tidak terpilih)


E. CheckBox 

CheckBox sebenarnya mirip dengan optionbutton, namun pada CheckBox pengguna dapat memilih lebig dari satu pilihan.Properti, Event, dan metode pada CheckBox hampir sama dengan OptionButton. CheckBox tidak memiliki event DblClick.Berikut Properti yang lain yang dimilki CheckBox :

Properti
Kegunaan
Valueuntuk menentukan nilai dari CheckBox (0-Unchecked, 1-Checked, 2-Grayed)


F. Frame 

Frame digunakan untuk menglompokan sejumlah objek dalam satu tempat. Pemakaian Frame yang paling sering adalah untuk menglompokan OptionButton.untuk Properti, Event dan Metode pada Frame hampir sama dengan yang sudah dituliskan dalan artikel objek lainnya.


G. ListBox

ListBox digunakan untuk menampilkan daftar pilihan dalam sebuah kotak pilihan. ListBox digunakan jika jumlahan pilihan yang tersedia cukup banyak sehingga tidak efektif jika ditampilkan dengan menggunakan OptionButton maupun CheckBox. ListBox memungkinkan pengguna untuk memilih lebih dari satu pilihan.

Berikut dibawah ini adalah properti dari beberapa ListBox :

Properti
Kegunaan
ColumnUntuk menentukan apakah daftar pilihan dalam ListBox menampilkan satu kolom kebawah sekaligus (0) atau jika jumlah pilihan banyak sedangkan ruang terbatas, ListBox akan terbagi menjadi beberapa kolom
IntegralUntuk menentukan tinggi ListBox (Height) (True, False)
ItemDataBerisi daftar yang digunakan untuk menyimpan nilai-nilai numerik yang berkaitan dengan item-item yang terdapat dalam ListBox
ListProperti yang berisi daftar pilihan dalam ListBox. Ketikan Item kemudian tekan Ctrl + Enter untuk menambah item berikutnya
MultiSelectDigunakan untuk menentukan apakah item dalam ListBox dapat dipilih lebih dari satu (0-None, 1-Simple, 2-Extended). Pada pilihan Extended pilihan secara sekaligus dapat menggunakan tombol [Shift + Down]
SortedUntuk menentukan apakah item didalam ListBox diurut berdasarkan alfabet atau tidak (False, True)

Berikut beberapa Event lainnya yang ada di ListBox

Event
Keterangan
ItemCheckTerjadi ketika pemakai melakukan klik untuk menandai Checkbox yang terdapat didalam ListBox. Event ini efektif jika properti Style = CheckBox
ScrollTerjadi jika ListBox mengalami Scroll atau digeser oleh pengguna

Berikut di bawah ini adalah Metode lainnya yang biasa digunakan dari ListBox

Metode
Keterangan
AddItemDigunakan untuk menambah sebuah item pilihan ke dalam ListBox. Aturan penulisannya adalah :

<namalistbox>.AddItem "<pilihan>"

ClearUntuk menghapus selurah daftar pilihan yang ada di ListBox
RemoveItemDigunakan untuk menghapus sebuah item pilihan dalam ListBox, aturan penulisannya adalah:

<namalistbox>.RemoveItem <indexpilihan>



H. ComboBox 

Combobox memiliki fungsi yang nirip dengan ListBox namun ComboBox lebih menghemat tempat, karena pilihan ditampilkan didalam satu Textbox dan dapat di drop-down kebawah untuk melihat pilihan. Pengguna juga dapat mengetikan secara langsung pilihannya dalam ComboBox (tergantung properti Style yang digunakan). Perbedaan dengan ListBox adalah bahwa didalam ComboBox tidak bisa dilakukan multiselect (mimilih lebih dari satu pilihan).

 Berikut dibawah ini adalah beberapa Properti lainnya dari ComboBox :

Properti
Kegunaan
StyleDigunakan untuk menentukan tampilan ComboBox yang diguanakn, pilihannya adalah (0-DropDown Combo, 1-Simple combo, 2-DropDown List)

DropDown Combo mengijinkan pemakai mengetikan pilihan yang tidak ada dalam ComboBox;

Simple Combo mengijinkan pemakai mengetikan atau memilih denga tombol UP dan Down pada keyboard dan plihan tidak bisa dibuka dengan mouse;

DropDown List mengharuskan pengguna hanya memilih pilihan yang yang ada dalam ComboBox.


I. Image

Image digunakan untuk menampilkan gambar dalam format Bitmap [bmp], Device Independent Bitmaps [DIB], Windows Metafile [WMF], Enhanced Metafile [EMF], Graphic InterChange Format [GIF], Join Photographic Experts Group [JPEG], dan Icon [ICO dan CUR].

 Berikut dibawah ini adalah beberapa Properti Image lainnya:

Properti
Kegunaan
BorderStyle
Untuk menentukan jenis border (0-None, 1-FixedSingle)
Strech
Digunakan untuk mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan Image


J. PictureBox

PictureBox memiliki kegunaan hampir sama dengan image, yaitu untuk menampilkan gambar. Namun PictureBox juga dapat digunakan untuk pengolahan gambar, PictureBox juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan Form sebagai kontainer objek-objek lainnya.

Berikut dibawah ini adalah Properti dari pada PictureBox :

Properti
Kegunaan
AutoRedrawUntuk menentukan apakah grafik yang dihasilkan dengan metode grafik/penggambaran (Line, Circle, Pst) akan dijadikan sebagai gambar Bitmap yang tetap
AutoSizeUntuk menentukan apakah ukuran PictureBox otomatis disesuaikan dengan ukuran gambar

Berikut dibawah ini adalah Metode lainnya dari PictureBox

Metode          
Keterangan
Circle (x,y), r, warna, awal, akhir, aspekUntuk menggambar lingkaran yang berpusat di koordinat (x,y), jari-jari (r), mulai sudut awal hingga sudut akhir yang dinyatakan dalam radian, aspek perbandingan tinggi dan lebar
Line (x1, y1)-(x1-y2), warnamenggambar garis tunggal dari koordinat (x1,y1) hingga (x2,y2) dengan warna tertentu
Line (x1,y1)-(x2-y2), warna BMenggambar kotak dari koordinat (x1,y1) hingga (x2,y2)
Line (x1,y1)-(x2-y2), warna, BFMenggambar kotak beriis dari koordinat (x1,y1) hingga (x2,y2)
Pset(x,y)mencetak titik (dot) pada koordinat relatif (x,y) terhadap posisi koordinat sebelumnya
Point (x,y)Mendapatkan warna titik tertentu pada layar


K. Line

Line digunakan untuk menggambar garis. Line tidak memiliki event yang dapat dikenakan padanya. Berikut dibawah ini adalah beberapa Properti lainnya pada Line:

Properti
Kegunaan
BorderWidthMenentukan ketetapan garis
x1Koordinat titik awal garis (absis)
x2Koordinat titik awal akhir (absis)
y1Koordinat titik awal garis (ordinat)
y2Koordinat titik awal akhir (ordinat)


L. Shape

Shape digunakan untuk menggambar bentuk (shape).Shape tidak memiliki Event yang dapat digunakan padanya.

Berikut dibawah ini adalah Properti lainnya pada Shape :

Properti
Kegunaan
FillColorUntuk menentukan waena isi suatu bentuk (shape)
FillStyleUntuk menentukan bentuk corak isi yang digunakan
ShapeUntuk menentukan bentuk gambar (0-Rectangle, 1-Squae, 2-Oval, 3-Circle 4-RoudedRectangle, 5- RoundedSquare)


M. HScrollBar

HScrollBar digunakan untuk memasukan data secara analog dengan menggeser tombol scroll ataupun menenkan tombol Left dan Right.

Berikut dibawah ini adalah Properti lainnya dari pada HScrollBar :

Properti
Kegunaan
LargeChangeUntuk menentukan ukuran perubahan value (nilai) ketika pemakai menggeser bar atau PageUp dan PageDown pada area HSCrollBar
MaxUnruk menentukan nilai (value) Maksimum
MinMenentukan nilai (value) Minimum
SmallChangeUntuk menentukan nilai perubahan value ketika pemakai melakukan klik pada tanda panah
ValueUntuk mendapatkan/menentukan nilai dari HScrollBar

Berikut dibawah ini adalah Event lainnya yang digunakan pada HSCrollBar :

Event
Keterangan
ChangeDibangkitkan ketika terjadi perubahan value pad HSCrollBar
SCrollDibangkitkan ketika pemamaki menggeser tombol bar dengan menggunakan drag pada tombol kiri mouse


N. VScrollBar

VScrollBar memiliki fungsi yang sama dengan HScrollBar. Namun bedanya VScrollBar untuk arah atas-bawah sedangkan HScrollBar untuk arah kiri-kanan. Semua Properti, Event dan Metode sama dengan HScrollBar.


O. Timer

Timer digunakan untuk mengolah waktu (time) dan iterasi, timer tidak memiliki metode.Timer tidak terlihat ketika aplikasi dijalankan.

Berikut dibawah ini adalah properti lainnya dari Timer
Properti
Kegunaan
IntervalUntuk menentukan nilai interval dalam mili detik (1/1000) antar panggilan event Timer

Berikut dibawah ini adalah Event yang dimiliki Timer

Event
Keterangan
TimerDibangkitkan berdasarkan interval waktu yang telah ditentukan


P. DriveListBox

DriveListBox digunakan untuk menampilkan drive ang ada di komputer kita.Untuk Properi, Event dan metode hampir sama dengan yang lainnya.
Berikut dibawah ini adalan Event lainnya yang ada di DriveListBox :

Event
Keterangan
ChangeKetika drive yang dipilih pada kontrol DriveListBox berubah
ScrollTerjadi ketika DriveListBox mengalami scroll/digeser


Q. DirListBox 

DirListBox digunakan untuk menampilkan direktori yang berada di dalam drive yang sedang diplih (aktif).


R. FileListBox 

File ListBox digunakan untuk menampilkan file-file yang ada didalam direktori atau drive yang sedang aktif.


Demikian artikel yang membahas tentang semua objek-objek standar yang ada di visual basic  6.0 berikut dengan Properti, event dan metode yang digunakan.


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).