Panduan Cara Membuat Database & Tabel SQL Server

Artikel Terkait Tutorial Database
Berikut ini adalah Cara Membuat Database dan Tabel Dengan SQL Server. SQL Server adalah Aplikasi yang diperuntukan dalam menyimpan data yaitu Database dan Tabel. Database dan Tabel ini yang akan dibahas dalam pembelajaran Visual Basic.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat Database dan Tabel SQL Server.

Membuat Database SQL Server

Mycoding.net
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah masuk ke dalam Microsoft Management Studio dengan mengisi server, username, dan password. Buka aplikasi sehingga muncul tampilan dialog login seperti berikut ini. Pilih server type Database Engine, kemudian isikan Server name: NAMA-PC\SQLEXPRESS seperti contoh di bawah ini. Kemudian pilih authentication Windows Authentication supaya kita tidak perlu memasukkan username+password, cukup menggunakan account windows. Kemudian klik Connect.
Panduan Cara Membuat Database & Tabel SQL Server

Setelah itu, akan muncul tampilan explorer di samping, yaitu nama koneksi dan folder-folder di dalamnya. Kita akan membuat suatu database baru, maka kita klik kanan folder Databases, kemudian klik New Database... Maka akan muncul dialog New Database.
Pada dialog tersebut, isikan pada Database name: Perpustakaan, kemudian klik OK. Kita akan membuat database bernama Perpustakaan. Maka sekarang tampilan explorer pada folder Databases bertambah satu, yaitu database Perpustakaan.
database perpustakaan

Membuat Table Database SQL Server

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah kita akan membuat table pada database Perpustakaan. Expand database perpustakaan (mengklik tombol + di sebelah kiri tulisan Perpustakaan di explorer), kemudian klik kanan Tables > New Table... Maka akan tampil suatu tab baru untuk menambahkan kolom-kolom yang akan dibuat pada table. Isikan kolom-kolom berikut yang diperlukan untuk table yang akan kita buat.
Table buku
table
Kita akan menjadikan kolom id menjadi primary key, langkah yang harus dilakukan adalah klik kanan kolom id, kemudian pilih Set Primary Key. Maka akan muncul gambar kunci di samping kirinya dan tanda pada kolom Allow Nulls menjadi uncheck. Selain diset menjadi primary key, kita akan mengeset kolom id ini supaya menjadi kolom yang Auto Increment, atau nilai int nya selalu bertambah. Caranya adalah dengan mengubah property Is Identity menjadi Yes. Lihat gambar berikut ini.
set primary key + auto increment
Tekan Ctrl+S untuk menyimpan table. Dan masukkan nama table buku.
Buatlah table-table berikut dengan langkah yang sama dengan langkah di atas.
Table buku
buku
Table kategori
kategori
Table anggota
anggota
Table peminjaman
peminjaman
Table peminjaman_item
peminjaman item
Table pengembalian
pengembalian

Ok, tahap pembuatan tabel-tabel sudah selesai. Tahap selanjutnya adalah pembuatan relasi untuk masing-masing tabel. Ini dibuat menggunakan diagram.

Membuat Relasi Antar Table Database SQL Server

Langkah selanjutnya adalah membuat relasi untuk masing-masing tabel terhadap tabel lainnya. Relasi ini akan dibuat pada diagram editor bawaan langsung dari tools Management Studio.
explorer
Klik kanan Database Diagrams, kemudian pilih New Database Diagram, kemudian jika ada pertanyaan, pilih Yes.
Akan tampil dialog Add Table, pilih semua table kemudian klik tombol Add. Jika sudah, tekan Close.

Kita akan menghubungkan setiap table dengan relasi tertentu. Cara menghubungkannya adalah dengan mendrag selector setiap kolom (selector=tombol kotak di samping nama kolom, samping kiri), kemudian klik Ok, dan klik Ok. Silakan ikuti langkah berikut ini:
  1. Drag selector id_anggota pada table peminjaman ke kolom id pada table anggota
  2. Drag selector id_peminjaman pada table peminjaman_item ke kolom id pada table peminjaman
  3. Drag selector id_buku pada table peminjaman_item ke kolom id pada table buku
  4. Drag selector id_kategori pada table buku ke kolom id pada table kategori
  5. Drag selector id_peminjaman pada table pengembalian ke kolom id pada table peminjaman
  6. Drag selector id_anggota pada table pengembalian ke kolom id pada table anggota
Tutorial membuat database dengan menggunakan SQL Server Management Studio selesai. Silakan dipelajari dan untuk diskusi bisa didiskusikan di bagian komentar


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).