Pengenalan dan Fungsi Komponen Dasar pada VB 6.0

Artikel Terkait Tutorial VB6
Fungsi Komponen Dasar Visual Basic 6.0 - Mari ita mulai sesuatu secara bertahap setelah kita tahu Apa itu Visual Basic 6.0 dan bagaimana Cara Install Visual Basic 6.0, sekarang kita akan membahas apa apa saja Komponen dasar Visual Basic 6.0 dan fungsi fungsi nya, Kita wajib mengetahui nya karna Komponen komponen ini akan digunakan dalam membuat Program / Aplikasi dengan Visual Basic 6.0 yang akan kita pelajari untuk kedepannya.

Setelah menginstall Visual basic 6.0 pada komputer / laptop anda, maka saat dibuka tampilan pertama visual basic 6.0 banyak  pilihan pilihan jenis exstensi apa yang ingin dibuat dan jika anda memilih "Standard EXE" maka tampilan nya adalah seperti gambar diatas.
Pengenalan dan Fungsi Komponen komponen Dasar pada Visual Basic 6.0
Jika anda baru menggunakan visual basic 6.0 tentunya anda pasti bingung apa apa saja kegunaan komponen komponen yang tersedia tesebut, atau anda sudah mengetahui nya di kampus perkuliahan tetapi tidak tau apa inti kegunaannya. Dibawah ini kami akan jelas kan secara singkat apa apa saja fungsi dari komponen komponen dasar pada visual basic 6.0 tersebut.
Baca artikel kami sebelumnya : Cara Lengkap Install Visual Basic 6.0 Windows 7

Pengenalan Fungsi Komponen Dasar pada Visual Basic 6.0


1. MENU BAR 
MENU BAR VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
Menu Bar seperti yang biasa kita lihat dalam Microsoft Office, Microsoft Acces, dll.
Di dalamnya terdapat menu File, Edit, View, Project, Format dan sejenisnya Atau bisa disebut juga Menu dasar untuk Edit, View, Project, Debug, dan lainnya.


2. TOOL BAR
TOOL BAR VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
Fasilitas ini dapat mempercepat pengaksesan perintah-perintah yang ada dalam pemrograman. Secara default, toolbar jenis Standard yang akan ditampilkan saat Anda memulai Visual Basic untuk yang pertama. Untuk menampilkannya :
- Klik View pada MENU BAR
- Pilih view TOOLBAR 
- Kemudian Centang padang Standart.
Maka hasilnya akan seperti ini pada MENUBAR :
MENU BAR VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA


3. FORM
FORM VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
Form sering disebut dengan GUI aatu Graphical User Interface, adalah sebuah objek yang digunakan untuk menempatkan komponen komponen dari ToolBox atau Sebuah window yang berisi tombol-tombol kontrol yang akan digunakan untuk mendesain atau membangun sebuah form / tampilan program. 
Selain tombol kontrol Standard, Anda juga dapat menambahkan sendiri tombol kontrol yang lain, bahkan anda juga bisa memsaukkan gambar, dll


4. TOOLBOX
TOOL BOX VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
ToolBox adalah window yang berisi objek-objek untuk ditempatkan dalam form. Contohnya objek Label, TextBox, ListBox, ComboBox, Frame, dan sejenisnya.
anda bisa mengikuti perintah dari gambar diatas, dengan cara :
- Klik kanan pada menu toolbox yang telah ada yang masih kosong 
- Pilih Component 
- Dan Ceklist pada Component component yang agan anda gunakan dalam membuat program.
- Lalu klik OK.


5. PROJECT WINDOW
PROJECT WINDOW VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
Project Window adalah sebuah window yang menampung semua project dan Form, dalamnya juga terdapat ikon View Code Untuk menampilkan area penulisan coding program dan ikon View Object Untuk menampilkan GUI atau Form tampilan Program.
Dengan menggunakan project window ini kita juga dapat menambah form, menghapus form, mengganti nama form, memilih startup project dan lain-lain, atau Window ini menampilkan daftar form, modul, serta objek lain yang ada dalam project yang aktif. 
Sebuah Project merupakan sekumpulan file yang Anda gunakan untuk membangun sebuah aplikasi.

 
6. PROPERTI WINDOW
PROPERTI WINDOW VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
Properti window adalah sebuah window yang digunakan untuk memodifikasi objek berupa mengubah Caption, memberi nama objek, mengubah warna, ukuran, model dan sejenisnya. atau Window ini digunakan untuk mengatur properti sebuah objek atau kontrol yang Anda pilih. Sebuah properti merupakan karekteristik objek, seperti size, caption, atau color. Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View Properties Window.


7. WINDOW FORM LAYOUT
WINDOW FORM LAYOUT VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
Window ini dapat Anda gunakan untuk mengontrol posisi form pada aplikasi Anda menggunakan sistem grafik dalam sebuah layar. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melihat dan mengetahui posisi form yang baru Anda desain. Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View- Form Layout Window.


8. FORM DESIGNER
FORM DESIGNER R VISUAL BASIC 6.0 DAN FUNGSINYA
Yaitu sebuah window yang dapat Anda gunakan untuk mengatur tampilan aplikasi yang Anda susun, atau dengan kata lain, sebagai tempat untuk mendesain sebuah form. Dalam form ini, Anda dapat menambahkan kontrol, grafik, dan gambar ke dalam form pada posisi yang Anda inginkan.

Itulah Pengenalan dan Fungsi Komponen komponen Dasar pada Visual Basic 6.0 untuk artikel kali ini, Diharapkan setelah anda membaca artikel ini anda menjadi lebih mengerti dan paham kegunaan kegunaan pada komponen dasar visual basic 6.0.


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).