Source Code Aplikasi Pencarian Data dengan VB 6.0

Artikel Terkait Tutorial VB6
Cara membuat Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0 - Selamat pagi sahabat rumah-pemrograman, bagaimana kabar anda hari ini? semoga tetap dalam lindungan Allah SWT. pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi baru yaitu cara mudah membuat aplikasi pencarian data dengan visual basic, pencarian data disini sangatlah penting untuk mempermudah filter data, coba kalian bayangkan, dengan ribuan data dan tidak ada fasilitas untuk mencari data maka pekerjaan tidak akan efektif. seperti konsep awal dari suatu aplikasi, bahwasanya aplikasi dibuat untuk mempermudah pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya. jika program yang kita buat tidak membantu pengguna maka bisa dikatakan program itu gagal.

Pencarian data yang admin posting kali ini lebih mudah dipahami. admin menggunakan procedure dalam melakukan filter data. adapun form control yang kita gunakan dalam pencarian data ini adalah listview, jadi kalian harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara untuk menampilkan data pada listview, kalian bisa baca postingan admin sebelumnya tentang cara menampilkan data pada Listview
Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
Pencarian Data Visual Basic dan MySQL: pada dasarnya pembuatan sistem informasi baik yang berbasis deksptop ataupun yang berbasis web di dalamnya harus terdapat fasilitas untuk memasukkan data, merubah data, menghapus data dan melakukan filter data untuk terciptanya program yang user friendly atau mudah digunakan. dalam studi kasus ini admin membuat pencarian data dimana data yang ada pada form berasal dari database MySQL.

Pernahkah kalian belanja di supermarket? pada saat customer ingin melakukan cek harga barang atau kasir ingin melakukan cek stok barang maka dibutuhkan suatu interface untuk melakukan pencarian data sesuai dengan kriteria tertentu. kasus lain adalah ketika kode barang tersebut tidak bisa dideteksi oleh barcode maka form pencarianlah yang bekerja untuk membantu kesulitan tersebut. jadi kesimpulannya form pencarian haruslah ada disamping form input,update dan hapus data. jika kalian ingin mencoba untuk membuat aplikasi pencarian data berikut langkah-langkahnya:
Langkah-langkah membuat aplikasi pencarian data dengan Visual Basic 6.0:
  • Langkah awal pastinya kalian harus membuat database dan membuat tabel serta mengisi data pada tabel tersebut, dalam studi kasus ini admin membuat tabel obat, struktur dan isi dari tabel tersebut bisa kalian lihat pada gambar berikut:
Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0

Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
  • setelah database dan tabel selesai maka langkah selanjutnya membuat desain interfacenya, berikut desain interface yang admin buat:
Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
  • Langkah selanjutnya mengatur koneksi antara form dengan database, baca artikel tentang koneksi sebelumnya disini
  • Langkah selanjutnya ketikkan listing code berikut pada bagian code di form yang sudah anda buat:
Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
 Procedure TampilData

Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
 Procedure NoUrut untuk membuat no urut otomatis pada Listview

  • Setelah dua procedure di atas selesai maka langkah selanjutnya yaitu memanggil procedure tersebut pada form load. seperti yang terlihat pada gambar berikut
Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
  • Langkah terakhir yaitu membuat listing pencarian data, ketikkan perintah berikut pada Textbox yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian, dalam studi kasus ini nama textbox yang akan dijadikan acuan adalah TxtCariData, perhatikan gambar berikut:
Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
  • Sekarang lakukan pencarian data berdasarkan Kode dan Nama jika berhasil maka data yang anda cari akan tampil. 
Aplikasi Pencarian Data dengan Visual Basic 6.0
Bagaimana sahabat rumah-pemrograman sangat mudah dan simpel bukan membuat aplikasi pencarian data ini. semoga bermanfaat, tunggu postingan admin berikutnya. salam pintar :D

Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).