Source Code Menampilkan Data dari Database ke ListView VB6

Artikel Terkait Tutorial VB6
Cara Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6 - selamat malam sahabat rumah-pemrograman, selamat beristirahat setelah berbagai aktivitas kita lakukan di siang hari tadi, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengetahuan lagi ini guys tentang VB6. jika pada artikel sebelumnya admin membahas cara menggunakan listview, dimana listview ini merupakan form control yang berfungsi untuk menampilkan data pada form.

Pembahasan ini masih terkait erat dengan pembahasan sebelumnya, jika kalian ingin mencoba mempraktekkan kalian harus baca terlebih dahul artikel tentang cara menggunakan listview pada VB6, pada studi kasus kali ini admin membahas Listview tapi ada kaitannya juga dengan database. listview ini mempermudah kita dalam mengontrol data, melakukan editing data bahkan dengan listview kita bisa lebih mudah menghapus data pada tabel. dengan adanya listview program kita terlihat lebih easy to use kalau istilah kerennya user friendly lah guys.
Source Code Menampilkan Data dari Database ke ListView VB6
Menampilkan Data pada Listview VB6: Visual Basic 6 sendiri merupakan interface yang sangat mudah untuk dipelajari, bahasa pemrograman yang terdapat di dalamnyapun juga sangat mudah untuk dipahami oleh karena itu Visual Basic 6 masih memiliki tempat tersendiri bagi programmer, meskipun banyak interface yang tampilannya lebih bagus dari Visual Basic seperti Java Netbeans, VB.Net, dsb.

Akan tetapi visual basic memiliki satu kelemahan yaitu tidak mampu berjalan pada semua platform, dia hanya mampu berjalan pada komputer yang berbasis windows, bisa dibilang aplikasi ini tidak universal. kembali lagi pada tema awal bahwasanya membuat aplikasi itu intinya satu yaitu bisa digunakan dengan mudah oleh penggunanya. jadi kalo malah membuat ribet pengguna maka bisa dibilang program yang kalian buat tidak berhasil.

Penting sekali bagi kalian untuk memahami bagaimana cara meload data dari database pada form. karena hal ini juga akan berpengaruh pada penggunaan program kalian. banyak sekali sebenarnya form control yang bisa digunakan untuk menampilkan data akan tetapi Listview paling mudah dalam penggunaanya. berikut langkah-langkah untuk menampilkan data pada Listview pada VB6. simak dan pelajari.


Langkah-Langkah menampilkan data pada Listview VB6:
  • langkah awal sama seperti biasanya guys kalian harus membuat database terlebih dahulu, pada studi kasus ini admin membuat database dengan nama DBApotek
  • Setelah membuat database, langkah berikutnya yaitu membuat tabel, tabel yang admin buat memiliki struktur seperti berikut:
Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6

  • Berikut isi data TbPemasok yang sudah admin inputkan, yang nantinya data ini akan kita load pada form.
Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6
  • setelah membuat database dan tabel. langkah berikutnya ialah desain interface, berikut desain interface yang admin buat. 
Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6
  • Koneksikan form pada database, baca cara mengkoneksikan form ke database disini.
  • Kemudian ketikkan listing code berikut: (Buat Procedure baru TampilData)
Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6

  •  Listing Kode untuk membuat nomor urut otomatis pada Listview
Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6
  • Setelah Listing code diatas dibuat, langkah selanjutnya melakukan Load data dengan cara memanggil procedure yang sudah dibuat pada form load, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6
  • Jika berhasil maka data yang ada ditabel akan muncul seperti yang terlihat pada gambar berikut:
Menampilkan Data dari Database pada ListView VB6

Sangat mudah bukan? mungkin cukup dulu postingan admin tentang VB6 kali ini, dengan harapan postingan ini bermanfaat bagi pembaca. tunggu postingan berikutnya dan salam pintar. :D


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).