Source Code Mengecek Barang Expired dengan Visual Basic 6

Artikel Terkait Source Code VB6
Cara membuat Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6 : Selamat malam sahabat rumah pemrograman yang berbahagia, bagaimana akhir pekan anda hari ini? masihkan diluar menikmati malam minggu bersama orang orang tercinta? atau sudah pada beristirahat ini? semoga malam minggu kalian menyenangkan. admin juga baru selesai beraktivitas ini guys. akan tetapi ditengahnya capek yang sedang melanda admin ingin terus memberikan informasi terbaru mengenai dunia pemrograman. pada kesempatan kali ini admin ingin membahas tentang Visual basic dimana tema yang akan dibahas adalah cara membuat aplikasi cek barang expired dengan visual basic 6.0, pada pembuatan aplikasi penjualan dan pembelian selain input dan pencarian data menjadi hal penting, cek stok barang juga wajib ada, semisal pengguna ingin melakukan cek stok barang yang tinggal sedikit atau mendekati batas minimum, atau cek stok barang yang sudah mendekati expired atau sudah melewati masa expired itu pasti dibutuhkan oleh pengguna program agar proses pengecekan tidak dilakukan secara manual lagi, bayangkan saja kalo data barangnya ribuan maka pekerjaan tidak akan bisa dilakukan secara efektif dan efisien oleh karena itu fasilitas cek stok barang dibutuhkan demi kelancaran pekerjaan pengguna tersebut.

Aplikasi Cek Stok Barang Expired: bahasan kali ini sebenarnya merupakan bahasan yang muncul dari beberapa pemikiran dan pertanyaan yang diberikan oleh pembaca rumah-pemrograman, admin mulai mengaplikasikannya dengan tampilan yang sangat user friendly. ada dua bahasan pokok dalam pembuatan aplikasi ini yang pertama adalah bagaimana cara mengecek stok barang yang sudah mendekati batas limit sehingga pengguna program tau barang mana yang akan dikulak? yang kedua adalah bagaimana cara mengecek stok barang yang mendekati masa expired agar supaya barang tersebut bisa terjual lebih dahulu. nah itu merupakan permasalahan yang kompleks yang harus bisa diselesaikan oleh seorang developer program. kembali ke dasar pemrograman, bahwasanya kita dituntut untuk bisa memberikan solusi terhadap masalah yang muncul. 
Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6
Cek Stok Barang Expired: pada aplikasi ini sistem akan memunculkan barang barang yang akan mendekati masa expired dan barang yang sudah expired. masa expired dalam kasus ini terhitung 6 bulan dari tanggal sekarang, jadi apabila barang tersebut mendekati 6 bulan masa expirednya maka akan tampil pada program. ini berguna untuk mempermudah pengguna dalam mengontrol data barang yang akan dijual. Jika kalian ingin mencoba membuat sendiri program ini, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah-langkah membuat aplikasi cek Stok barang Expired dengan VB6 :
  • Langkah awal pastinya kita harus membuat database dan tabel terlebih dahulu, dalam pembahasan kali ini admin mengambil studi kasus dari apotik untuk mengontrol stok data obat pada apotek tersebut. berikut struktur tabel dan isi tabel yang admin buat:
Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6
Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6
  • Langkah selanjutnya ialah mendesain interfacenya, berikut interface yang admin desain, bisa kalian pada gambar berikut:
Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6
  • Setelah Desain form selesai, langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan form tersebut pada database, baca cara koneksi vb6 dan Mysql berikut.
  • buatlah form tersebut agar bisa menampilkan data obat, baca cara menampilkan data pada listview berikut.
  • isi combobox di atas dengan data berikut:
Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6
  • Setelah step di atas selesai, maka langkah berikutnya adalah membuat listing codenya, ketikkan kode berikut:
    • Listing Code untuk menampilkan data pada form
Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6
    • Listing Code untuk membuat No Urut Otomatis pada Listview 
Source Coding  Mengecek Barang Expired Lengkap Di Visual Basic 6.0

    • Ketikkan perintah berikut pada Form Load, Tujuannya adalah menampilkan semua data yang mendekati expired atau sudah expired dan data yang stoknya mendekati jumlah limit.
Aplikasi Untuk Mengecek Barang Expired Dengan Visual Basic 6

Kita menggunakan fungsi DatedIFF, fungsi ini berfungsi untuk mencari selisih tanggal, bisa berupa selisih hari, minggu,bulan bahkan setahun. dalam kasus ini kita menghitung selisih tanggal sekarang dengan tanggal expired pada tabel obat dimana selisih bulannya adalah 6 bulan, dari tanggal expired dengan tanggal sekarang akan dicari selisihnya kemudian dibagi 30 karena hitungannya adalah bulan.
    • Ketikkan listing code berikut pada Combobox diatas, jangan lupa untuk actionnya harus diganti ke click terlebih dahulu.
Mengecek Barang Expired Lengkap Di Visual Basic 6.0

Jika pada Combobox kalian memilih SEMUA DATA maka data obat yang akan expired dan data obat yang sudah mendekati limit akan tampil, jika kalian memilih OBAT Expired maka data obat expired saja yang akan tampil begitu juga sebeliknya. berikut tampilan running programnya.
Download Coding  Mengecek Barang Expired vb6
Sangat mudah bukan cara membuat Aplikasi Cek Barang Expired dengan Visual Basic 6.0, semoga postingan ini bermanfaat buat kalian semua.

Tag : Download Coding Mengecek Barang Expired vb6, Mengecek Barang Expired Lengkap Di VB6, Source Coding  Mengecek Barang Expired VB6.


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).