Tutorial Cara Membuat Kode / Nomor Otomatis Berurutan di VB6

Artikel Terkait Tutorial VB6
Cara Membuat Kode Otomatis pada VB6: Selamat pagi sahabat rumah-pemrograman yang berbahagia, bagaimana kabar hari ini? semoga selalu sehat wal afiat. pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengetahuan tentang VB6, terinspirasi dari facebook group sebelah, ada member yang menanyakan bagaimana cara membuat Kode Otomatis pada VB6? sepertinya member tersebut kesulitan dan admin bergegas untuk mencoba membuatnya dan alhamdulillah berhasil jadi sekalian admin posting disini agar kalian semua tau. Kode Otomatis biasanya digunakan untuk isian data yang bersifat tetap seperti Kode Barang, Nomor Induk Siswa, Nomor Induk Mahasiswa, dsb. sebenarnya bisa kita ketik manual hanya saja tidak efektif dan kadang banyak kesalahan karena sifat manusia adalah lupa.

Dengan adanya kode otomatis kita bisa melakukan input data tanpa terpacu pada kode-kode tertentu yang memang sulit untuk dihafal. kita tinggal mensetting berapa digit yang dibutuhkan dan karakter apa saja yang akan dimunculkan semisal: 1101, 1102,1103. itu kan satu data yang memiliki type berurutan maka penyelesaiannya bisa dibuat otomatis untuk mempermudah dalam proses inputnya.

Membuat Nomor urut otomatis pada VB6: sebenarnya sudah ada di MYSQL bagaimana cara membuat nomor secara berurutan dengan menggunakan tipe data integer dan dilakukan increment, increment yaitu menambah nilai 1 secara otomatis. akan tetapi nomor ini berurutan dari angka satu dan seterusnya dan tidak bisa ditambah karakter sesuai dengan keinginan user, misal A001,A002,A003. dalam kasus ini kode otomatis yang dimaksud berhubungan dengan database, jadi harus melakukan sinkronisasi data antara form dengan data yang sudah tersimpan pada tabel, logikanya adalah bagaimana cara membaca kode terakhir yang dimasukkan atau kode yang paling besar, jika ada maka ditambahkan dengan satu. logikanya sih mudah ya guys? entah penerapannya. bagi programmer yang sudah handal sih sangat mudah akan tetapi terasa sulit bagi pemula, oleh karena itu sesama pemula admin hanya ingin mensharing informasi tentang hal ini. jika kalian ingin mencoba admin akan tulis langkah-langkahnya disini. check it out guys.


Langkah-Langkah membuat Kode Otomatis pada VB6
  • langkah awal yang pasti kalian sudah punya tabel yang nantinya akan dibaca kodenya untuk pembuatan urutan kode secara otomatis, dalam kasus ini admin membuat tabel dengan nama tbpelanggan. berikut struktur tabelnya.
Membuat Kode Otomatis pada VB6

  • berikut isi data pada tbpelanggan tersebut, sudah jelas bahwasanya IdPelanggan dibuat secara berurutan. lihat pada gambar berikut.
Membuat Kode Otomatis pada VB6
  • langkah berikutnya yaitu membuat desain interfacenya, admin membuat desain interface sederhana dengan tampilan sebagai berikut:
Membuat Kode Otomatis pada VB6
  • Langkah selanjutnya mulai mengkoding, eits jangan lupa kalian harus mengkoneksikan form kalian pada database yang sudah kalian buat, Baca Artikel ini untuk memahami cara koneksinya.
  • Berikut Listing/Koding untuk membuat Nomor urut atau Kode secara otomatis. ketikkan perintah dibawah ini pada bagian code dengan membuat procedure terlebih dahulu. nama prosedure dalam kasus ini adalah IdOtomatis.
Membuat Kode Otomatis pada VB6
  • Setelah listing di atas selesai, maka langkah selanjutnya yaitu memanggil procedurenya pada tombol plus, berikut cara memanggilnya.
Membuat Kode Otomatis pada VB6

  •  Sekarang anda klik tombol plus pada formnya, jika kalian berhasil maka akan muncul PG004 secara otomatis, karena sebelumnya sudah ada PG001,PG002 dan PG003 pada tabel.
Membuat Kode Otomatis pada VB6

Bagaimana guys? sangat mudah bukan, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. dan tetap semangat belajarnya ya guys. tunggu postingan admin berikutnya. salam pintar :D


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).