Cara Membuat Efek Tulisan 3 Dimensi di Form VB 6.0

Artikel Terkait Tutorial VB6
Cara Membuat Efek Tulisan 3 Dimensi di Form Visual Basic 6.0 - Tip selanjutnya yang tip dan trik visual basic berikan kepada Anda adalah cara membuat efek tulisan 3 Dimensi di form visual basic, dengan tip ini tentu akan memeprindah desain form Anda. Adanya teks dengan tampilan 3 Dimensi pada form akan membuat form tersebut tampak jauh lebih menarik dari form biasanya.

Membuat efek tulisan 3D atau tiga  Dimensi memang memiliki keindahan tersendiri baik dari segi bentuk maupun efek tulisan itu sendiri. Dengan efek 3D, tulisan seakan berada dalam bangun yang memiliki panjang sisi dan tinggi sehingga tulisan tampak lebih hidup.Untuk membuat tulisan berbentuk 3D biasanya kita menggunakan software berbasis gambar seperti Photoshop dan Correl Draw dan faktanya di Word-pun kita bisa membuat efek 3D tersebut.Untuk itu pada pertemuan yang singkat ini tip dan trik ingin memberikan tip membuat efek 3D dengan program yang lain di luar program yang kami sebutkan diatas yaitu dengan program visual basic 6.0.

Jika Anda sudah bosan denga teks yang itu-itu aja, tip ini bisa menjadi salah satu solusi untuk memperindah bentuk tulisan di form Anda. Jika Anda berminat untuk membuat tip ini untuk menghiasi form Anda dengan tampilan teks 3 Dimensi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini:

Cara Membuat Efek Tulisan 3 Dimensi di Form Visual Basic 6.0

1. Buka Form Standar VB6 Anda
2. Letakan 1 buah CommandButton pada Form
3. Setelah itu klik ganda Command1, kemudian ketik kode dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
a = CurrentX
b = CurrentY
For i = 1 To 100
FontSize = 24
Print "VISUAL BASIC"
a = a + 1
b = b + 1
CurrentX = a
CurrentY = b
Next i
ForeColor = vbYellow
FontSize = 24
Print "VISUAL BASIC"
End Sub

4. Setelah itu Anda Simpan kode hasil pekerjaan Anda dan jalankan program.

Setelah program berhasil di jalankan, tekan tombol Command1, pada sudut kiri atas form akan muncul teks VISUAL BASIC dengan warna kuning dan memiliki tampilan 3 Dimensi, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
Cara Membuat Efek Tulisan 3 Dimensi di Form Visual Basic 6.0
Form Teks 3 Dimensi

Keterangan:
  • Warna kuning berasal dari kode : ForeColor=vbYellow
  • Ukuran hurufnya berasal dari kode :FontSize=24
  • Jika Anda ingin mengubah teks tanpa membuka jendela kode, tambahkan saja sebuah textBox di dalam form, kemudian ganti kode : Print "VISUAL BASIC" denga kode : Print Text1.Text.
  • Cara penggunaanya: ketik teks yang Anda inginkan kedalam kotak TextBox, kemudian Anda klik tombol Command1.
  • Anda bisa mengubah bentuk tulisan tiga dimensi baik dari bentuk huruf, warna, ukuran huruf dan teks itu sendiri.Silakan sesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Anda juga bisa membuat efek 3D ini tanpa menekan tombol Command, caranya: Pindahkan semua kode yang ada di command1 ke bagian Sub Form_Activate().Setelah itu hapus tombol Command1 yang ada di form.Dengan begitu ketika Anda menjalankan program maka langsung otomatis akan muncul tulisan berbentuk dimensi.

Sekian tip cara membuat teks dengan efek 3 Dimensi di vb6. Silahkan kembangkan kreatifitas Anda untuk bisa menampilkan yang lebih menarik lagi.Selamat mencoba semoga berhasil.


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).