Memahami Objek di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya

Artikel Terkait Tutorial VB6
Memahami Objek yang Ada di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya - Pada pertemuan kali ini tip dan trik visual basic akan membahas tentang komponen komponen dasar yang ada di visual basic 6.0 diantaranya adalah class, objek, properti, form, metode, event dan lain-lain. Dalam pertemuan kali ini admin akan memhasanya secara singkat dari masing-masing objek tersebut. Objek yang dimaksud disini adalah bukan Objek Standar. Nanti kita kan membahasnya lain waktu apa saja objek standar itu. Kali ini kita akan membahas objek yang ada di visual basic 6.0 secara umum.
Objek di Visual Basic 6.0

A. Mengenal Class dan Objek

Objek adalah cetakan/hasil instalasi dari class.Basnyak sekali Class yang ada di VB6 termasuk semua yang ada ditoolbox, yaitu Label, TextBox, Combobox dan lain-lain.
Setiap objek memiliki properti, event, dan metode sendiri.

B. Mengenal Properti

Prperti adalah sesuatu yang dimiliki oleh objek.Properti suatu objek berbeda-beda walaupaun berasal dari class yang sama.
Misalkan seorang bernama Ahmad.Ia adalah sebuah objek dari class manusia. Sebagaimana manusia Ahmad memiliki beberapa properti, yaitu nama warna kulit, berat badan dan lain-lian

C. Mengenal event

Event adalah suatu tindakan yang dikenakan terhadap objek. Contoh event yang dimiliki objek di VB6 adalah Click, Load, Validation dan lain-lain
Ketika sebuah event dipilih, visual basic otomatis membuat sebuah prosedur yang akan dikerjakan ketika event tersebut dikenakan pada objek yang dipilih

D. Mengenal Metode

Metode adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek.Contoh metode yang dimiliki objek adalah Show, Circle, Refresh dan lain-lain

E. Mengeanl Form

Form adalah sebuah objek yang digunakan sebagai tempat untuk meletakan objek-objek laain diatasnya. Selain sebagai sebuah objek, form juga sebagai sebuah modul yang disebut modul form sebagaimana yang telah kita sudah bahas di artikel sebelumnya.
Form dapat diibaratkan sebagai kanvas untuk mendesai tampilan program aplikasi yang kita buat. Form memiliki titik-titik kecil (grid) yang berguna untuk menagatur posisi objek diatas form.

Berikut dibawah ini adalah Properti yang digunakan pada Form :

Properti
Kegunaan
(Name)Untuk menentukan nama Form
AppearanceUntuk menentukan tampilan form (0-Flat, dan 1-3D)
BackColorUntuk menentukan warna latar belakang form
BorderStyleUntuk menentukan bentuk border form
CaptionUntuk menentukan/membuat tulisan yang akan tertera pada form
DrawModeUntuk menentukan mode penggambaran objek line dan Shape dalam form
DrawStyleUntuk menentukan bentuk garis yang digunakan saat garis tersebut digambar dengan metode grafik
DrawWidthUntuk menentukan bentuk garis yang digunakan saat garis tersebut digambar dengan metode grafik
EnabledUntuk menentukan apakah form dapat menerima event yang dibuat oleh pemakai, misal Click, MouseDown , MouseUp, dll
FillColorUntuk menentukan warna yang digunakan pada Shape, lingkaran, dan kotak yang dibuat dengan menggunakan grafik form
FillStyleUntuk menentukan corak yang dihasilkan pada Shape dalam form
FontDigunakan untuk menentukan jenis font atau huruf, ukuran, style, dll di dalam form
FontTransparantUntuk menentukan apakah teks atau grafik pada form apakah terlihat
ForeColorUntuk menentukan warna tulisan pada form
HeightUntuk menentukan tinggi form
IkonUntuk menentukan/menampilkan ikon yang digunakan di form
LeftUntuk menentukan jarak kiri kontrol dari wadahnya
MaxButtonUntuk menentukan apakah form dilengakapi dengan tombol Maximize ata tidak
MDIChildUntuk menentukan apakah form menjadi anak dari sebuah MDIForm atau tidak
MinButtonUntuk menentukan apakah form dilengakapi dengan tombol Minimize ata tidak
MouseIkonUntuk menentukan bentuk ikon mouse ketika pointer diatas form
MousePointerUntuk menentukan pointer yang digunakan ketika pointer tersebut berada diatas form
MoveableUntuk menentukan apakah form dapat dipindah pindahkan atau tidak
PaletteUntuk menetukan bentuk pallete, ini bisa digunakan bila diset Custom
PaletteModeUntuk menentukan palette yang digunakan
PictureUntuk menentukan gambar/grafik yang akan diletakan di form
ScaleHeightUntuk menentukan skala vertikel bagi interior form
ScaleLeftUntuk menentukan koordinat mendatar sisi form
ScaleModeUntuk menentukan satuan yang digunakan pada skala form
ScaleTopUntuk menentukan koordinat vertikal sisi atas form
ScaleWidthUntuk menentukan skala horizontal bagi interior form
ShowInTaskbarUntuk menentukan apakah form terlihat pada taskbar windows atau tidak
StarUpPositionUntuk menentukan posisi form saat muncul dilayar
TagDigunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara yang terkait dengan form tersebut
TopUntuk menentukan jarak atas form dari wadahnya
VisibleUntuk menentukan apakah form tersebut dapat dilihat atau tidal (False dan True)
WidthUntuk menentukan lebar form
WindoeStateUntuk menentukan status visual form saat dijalankan (Normal, Minimized dan Maximized)


Berikut adalah event yang sering bekerja pada form :

Event
Keterangan
ActivateTerjadi ketika form terbut aktif dilayar
DblClickTerjadi ketika pemakai melakukan doubel klik (klik dua kali).Urutan event itu adalah MouseDown, MouseUp, Click, MouseDown, MouseUp, DblClick, MouseUp
GotFocusTerjadi saat form mendapat focus
KeyDownTerjadi ketika pemakai mengetikan karakter pada form
KeyPressTerjadi setelah event Keydown, ketika pemakai mengetikan karakter pada objrk form, parameter yang digunakan adalah KeyAscii
KeyUpTerjadi setelah event KeyPress, ketika pemakai mengetikan karakter pada objrk form, urutan event ini adalah (KeyDown, KeyPress, KeyUp, Change)
Load>Terjadi ketika form di Load dilayar
MouseDownTerjadi ketika pemakai menekan tombol mouse pada form, parameter yang digunakan adalah button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer)
MouseMoveTerjadi ketika pemakai menggerakan miuse pada form, parameter yang digunakan adalah Button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer) 
MouseUpTerjadi ketika pemakai melepaskan penekanan tombol mouse pada form, parameter yang digunakan adalah Button (1-tombol kiri, 2-tombol kanan), Keyboard (1-Shift, 2-Ctrl, 3-Alt), X (posisi kolom pointer), Y (posisi baris pointer)
ResizeTerjadi ketika ukuran form berubah
UnloadTerjadi ketika form di-Unload (ditutup) dari layar


Berikut adalah Metode yang dimilik oleh Form :

Metode
Keterangan
HideMetode yang digunakan untuk mnyenbunyikan form dari layar
MoveMetode ini digunakan untuk memindahkan letak (koordinat Left, Top) Form maupun mengubah ukurannya (Height, Width)
RefreshUntuk mencetak ulang (refresh) form
ShowMetode yang digunakan untuk menampilkan form dilayar
ZorderKUntuk menentukan order objek form, apakah diatas atau dibawah objejk lain


Demikian penjelasan tentang Objek yang Ada di Visual Basic 6.0 serta Properti, Event dan Metode-nya semoga dengan adanya artikel dapat membantu Anda mengetahui fungsi darin masing objek.


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).