Source Code Program Rekap Pembelian dan Penjualan VB6

Artikel Terkait Source Code VB6
Pada kesempatan kali ini admin ingin membahas tentang visual basic 6.0, materi yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah membuat Aplikasi Rekap Pembelian dan Penjualan. setelah kita pelajari konsep pembelian dan penjualan barang dimana keduanya memiliki fungsi yang sangat fital dalam sistem informasi penjualan, keduanya sangat dibutuhkan, form pembelian barang merupakan form yang memiliki fungsi untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna pada pemasok istilahnya kulakan. sedangkan form penjualan merupakan form yang berfungsi untuk mencatat transaksi penjualan yang dilakukan oleh pelanggan. sudah dipelajari kan guys? admin desain sesederhana mungkin agar mempermudah pengguna dalam mengerjakan pekerjaannya. setelah kita membahas pembelian dan penjualan barang, sekarang kita akan membahas aplikasi rekap penjualan dan pembelian.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap transaksi harus tercatat dengan benar agar mempermudah pengecekan kas yang ada pada perusahaan. termasuk transaksi pembelian. transaksi pembelian akan direkap dalam bentuk laporan harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan, sehingga pengeluaran yang dilakukan tercatat dengan baik, dan data obat yang dibeli pada pemasok juga bisa tercatat dengan baik. dalam aplikasi rekap pembelian ini akan muncul semua total pembelian yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu misalkan pembelian perhari, perminggu, perbulan dst. terdapat dua kolom tampilan yaitu kolom pembelian dan kolom detail pembelian, dalam kolom pembelian hanya tercatat total pembelian yang dilakukan sedangkan pada kolom detail akan muncul rincian dari total pembelian tersebut. untuk mengetahui rincian pembelian kalian bisa melakukan double klik pada nota di kolom pembelian tersebut.

Rekap penjualan merupakan laporan penjualan barang yang terjadi pada kurun waktu tertentu seperti perhari, minggu, bulan dan tahun sehingga mempermudah pencatatan penjualan barang yang dilakukan dan mempermudah mengontrol barang apa saja yang sudah dijual. dalam hal ini penjualan terdiri dari 3 jenis yaitu Umum, Apotek dan Resep, semua transaksi akan muncul dalam aplikasi ini. sehingga pendapatan yang diperoleh tiap harinya bisa dicocokkan dengan keuangan yang ada pada perusahaan. dengan aplikasi Laporan Laba/Rugi bisa dengan mudah dilakukan. Jika kalian ingin mencobanya, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:


Cara membuat Aplikasi Rekap Penjualan dan Pembelian Barang:
  • Langkah awal yang pasti kalian harus menyusun database dan tabel tabel yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi ini. berikut tabel yang harus kalian susun, admin menggunakan database MySQL.
Aplikasi Rekap Pembelian Dan Penjualan VB6
Tabel Obat

Aplikasi Rekap Pembelian Dan Penjualan VB6
Tabel Pemasok

Aplikasi Rekap Pembelian Dan Penjualan VB6
Tabel Pelanggan

Aplikasi Rekap Pembelian Dan Penjualan VB6
Tabel Pembelian

Aplikasi Rekap Pembelian Dan Penjualan VB6
Tabel Pembelian detail

Aplikasi Rekap Pembelian Dan Penjualan VB6
 Tabel Penjualan

Aplikasi Rekap Pembelian Dan Penjualan VB6
Tabel Penjualan Detail

  • Setelah tabel tabel diatas tersusun, maka langkah selanjutnya adalah mendesain inteface dari rekap pembelian dan rekap penjualan, berikut desain interface yang sudah admin buat.
Pembelian dan Penjualan Menggunalan Visual Basic 6

Aplikasi Rekap Pembelian dan Penjualan

Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan aplikasi diatas silahkan download Aplikasinya dengan mengklik link download yang sudah admin sediakan dibawah, jangan lupa buat database terlebih dahulu kemudian export semua tabel yang ada di folder tabel. sangat mudah untuk diterapkan dan sangat bermanfaat dalam pembuatan sistem informasi penjualan. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu pemula dalam mempelajari Visual Basic 6.0. tunggu postingan admin berikutnya ya guys. selamat menunaikan ibadah puasa. salam pintar selalu :D

Download Source Code Program Aplikasi Rekap
Download Source Code Aplikasi
Rekap Penjualan dan Pembelian


Selain Sebagai Penyedia Panduan Belajar Database dan Tutorial Pemrograman, Kami Juga Membagikan Kumpulan Source Code Program Aplikasi dan Ebook Pemrograman Terlengkap yang Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis di Halaman :


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).