Source Code CMS Web Forum Xenforo (Website Forum Terbaik)

Artikel Terkait Media Informasi
Membangun komunitas adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh bisnis. Dengan membangun komunitas, Anda juga mempererat hubungan antara brand Anda dengan customer.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat sebuah forum. Mungkin membuat forum terdengar susah dan ribet. Tetapi, sudah ada content management system (CMS) untuk membuat forum. Ini tentunya akan memudahkan Anda, kan?

Dari sekian banyak CMS forum yang ada di luar sana, di artikel ini kami akan membahas bagaimana Anda bisa membuat forum dengan menggunakan CMS XenForo.
CMS Web Forum Terbaik

XenForo: CMS Web Forum Terbaik

XenForo adalah content management system (CMS) untuk membangun forum komunitas. XenForo dibangun dengan menggunakan Zend Framework dan pertama kali dirilis pada tahun 2011. Pendirinya adalah developer ternama vBulletin Kier Darby dan Mike Sullivan yang keluar dari vBulletin.

XenForo sendiri berbasis PHP yang didesain untuk di-deploy dari remote web server. Memang cara kerjanya mirip dengan CMS forum lainnya seperti phpBB, vBulletin, dan masih banyak lagi.

Tetapi XenForo ini tidak open-source seperti CMS lainnya. CMS yang satu ini premium. Saat ini, XenForo sudah menjadi salah satu CMS yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.

Fitur-fitur Web Forum XenForo

Salah satu alasan kepopuleran XenForo adalah karena fitur-fitur yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa fiturnya:

Trophies
Salah satu fitur utama XenForo adalah sistem awardnya. Award-award ini disebut dengan istilah trophies dan mereka bisa dikustomisasi melalui control panel software. Anda bisa memilih untuk membuatnya berdasarkan jumlah like pada sebuah postingan atau memposting sejumlah postingan di forum.

Alerts
User bisa mendapatkan notifikasi berkaitan dengan beberapa events. Misalnya seseorang membalas postingan mereka di forum.

Add-Ons
Meskipun XenForo tidak open-source, masih ada banyak add-ons yang bisa customer lakukan untuk mengkustomisasi instalasinya.

Recent Activity Stream
XenForo juga memiliki fitur recent activity stream dimana Anda bisa melihat postingan dan reply baru dari seorang user. User juga bisa mengkustomisasi stream-nya. Developer juga bisa membuat add-ons mereka sendiri.

Kustomisasi
User bisa mengubah tampilan dengan color picker. Ini tentunya memudahkan bisnis untuk membuat forum dengan warna yang sesuai dengan warna color scheme perusahaan. Anda juga bisa menggunakan HTML dan CSS serta style property editor untuk mengkustomisasi tampilan forum lebih jauh lagi.

SEO
XenForo juga mengintegrasikan fungsionalitas SEO. Ini mungkin bisa berguna untuk perusahaan yang menggunakan forum untuk menyediakan support. Customer bisa mencari informasi resmi perusahaan melalui search engine tanpa masalah.

Jadi kalau ada yang mencari sesuatu tentang perusahaan Anda dan itu sudah pernah dibahas di forum, mereka bisa langsung menemukannya.

Download Source Code Web Forum Xenforo


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).