Source Code & Project Arduino Alarm Otomatis

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Alarm Otomatis

Source code proyek Alarm Otomatis Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Alarm Otomatis ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Alarm Otomatis, Program Arduino Alarm Otomatis, Library Arduino Alarm Otomatis, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Alarm Otomatis

Sistem Kerja Alat:
Alarm akan berbunyi sesuai dengan jam yang telah dibuat sebelumnya. Disamping menapilkan display tersebut jam dapat diseting dengan 4 tombol yaitu tombol Next, Back, Up dan Down.

Kebutuhan Hardware :
  • Modul RTC DS1307
  • 4 Tombol push ON
  • LCD 2x16
  • Buzzer
  • Modul Arduino UNO
  • Power supply +9Volt

Jalannya Alat :
Koneksikan antara sistem Arduino dengan peripheral lain seperti pada rangkaian (skematik). Pasang power supply (adaptor 9 V) dan hidupkan (colokkan ke sumber PLN 220V) sehingga lampu LED indikator nyala, LCD juga nyala. Setelah 2 detik tampil menjadi tampilan normal yaitu menampilkan jam dan Alarm. Selanjutnya jika ingin merubah waktu alarm ON tekan tombol set. Tekan tombol UP/DOWN untuk seting jam alarm.. Kemudian tekan tombol SET untuk seting menit, tekan tombol UP/DOWN untuk seting menit. Tekan tombol SET untuk menyimpannya. Waktu OFF alarm secara otomatis di tambah 5menit. Kemudian program kembali pada tampilan normal.

Selanjutnya jika ingin merubah/seting jam, tekan dan tahan tombol SET sampai muncul tulisan “Seting Jam”. Tekan tombol UP untuk menambah jam, sedangkan untuk mengurangi tekan tombol Down Jika sudah sesuai tekan tombol SET, selanjutnya seting menit dan detik prosesnya sama dengan seting jam. Setelah semua di seting tekan tombol SET untuk menyimpan data tersebut, sehingga LCD menampilkan “Seting Jam OK!”. Tampilan LCD kembali ke tampilan Normal. Alarm akan berbunyi sesuai dengan seting waktu alarm yang telah di simpan tadi. Alarm mati setelah 5 menit alarm ON, sedangkan tombol Alarm OFF juga bisa untuk mematikan alarm.
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Alarm Otomatis


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

ADVERTISEMENT
Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang