Source Code Proyek Arduino Data Logger 2 Sensor Suhu

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Data Logger 2 Sensor Suhu

Source code proyek Data Logger 2 Sensor Suhu Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Data Logger 2 Sensor Suhu ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Data Logger 2 Sensor Suhu, Program Arduino Data Logger 2 Sensor Suhu, Library Arduino Data Logger 2 Sensor Suhu, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Data Logger 2 Sensor Suhu

Sistem Kerja Alat :
Arduino UNO membaca temperature dengan 2 sensor LM35 dan hasilnya ditampilkan ke LCD serta disimpan di SD card. Tipe sensor yang dipakai adalah LM35 dengan range pembacaan suhu 00C – 1000C. Agar data yang disimpan tahu waktu dan tanggalnya maka dibutuhkan modul RTC (Real Time Clock).

Di SD card hasil pembacaan sensor disimpan dalam sebuah file text (*.txt). Sedangkan untuk membaca data di SD card cukup tekan Tombol 1 secara otomatis Arduino membaca isi dari SD Card (file text) kemudian data tersebut dikirim secara serial. LCD dipakai untuk menampilkan proses sehingga lebih mudah untuk memonitor apakah alat jalan/tidak.

Kebutuhan Hardware :
  • 2 Sensor LM35
  • RTC DS1307
  • Tombol push ON
  • SD Card
  • SD Card Adapter
  • Komputer/Laptop
  • Modul LCD 2x16
  • Modul Arduino UNO
  • Power supply +9Volt

Jalannya Alat :
Koneksikan antara sistem Arduino dengan peripheral lain seperti pada rangkaian (skematik). Pasang power supply (adaptor 9 V) dan hidupkan (colokkan ke sumber PLN 220V) sehingga lampu LED indikator nyala, LCD juga nyala. Pastikan library SD Card sudah ter instal.

Tunggu 1 detik, jika muncul tulisan dibawah ini maka inisialisasi SD card berhasil terbaca. Jika muncul tulisan dibawah ini maka SD card tidak terbaca, cek koneksi dan pemasangan SD card. Selanjutnya LCD menampilkan hasil pembacaan dari ke-2 sensor suhu LM35 dan menampilkan jam (tampilan normal). Setelah 10 detik, data pembacaan sensor disimpan pada SD card dan LCD menampilkan tulisan. 
Selanjutnya kembali lagi ke tampilan normal. Selanjutnya untuk membaca hasil penyimpanan data pada SD Card Anda buka dulu serial monitor Arduino, jika sudah kemudian Anda tekan tombol 1. Saat tombol ditekan program membaca SD Card kemudian datanya dikirim secara serial.

Salin dengan serial monitor Anda juga bisa membukanya menggunakan Card reader atau slot SD Card pada laptop Anda.
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Data Logger 2 Sensor Suhu


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).