Source Code Proyek Arduino Digital Voltmeter 50Vdc

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Digital Voltmeter 50Vdc

Source code proyek Digital Voltmeter 50Vdc Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Digital Voltmeter 50Vdc ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Digital Voltmeter 50Vdc, Program Arduino Digital Voltmeter 50Vdc, Library Arduino Digital Voltmeter 50Vdc, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Digital Voltmeter 50Vdc

Sistem Kerja Alat:
Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya yaitu “Digital voltmeter maksimal 5Volt dc” bedanya kali ini bisa membaca tegangan input sampai 50Volt DC. Agar bisa membaca tegangan 50Volt maka dibutuhkan rangkaian tambahan yaitu voltage divider/pembagi tegangan. Output dari voltage divider masuk pada pin A0 hasil pembacaanya nanti dikonversi ke tegangan input yang sebenarnya terlebih dahulu sebelum ditampilkan pada LCD.

Kebutuhan Hardware :
  • Modul LCD 2x16
  • Voltage Divider (Pembagi tegangan)
  • 1 Tombol push ON
  • Modul Arduino UNO
  • Power supply +9Volt

Jalannya Alat :
Koneksikan antara sistem Arduino dengan peripheral lain seperti pada rangkaian (skematik). Pasang power supply (adaptor 9 V) dan hidupkan (colokkan ke sumber PLN 220V) sehingga lampu LED indikator nyala, LCD juga nyala. Tampilan normal pada LCD, menampilkan pembacaan tegangan input pada A0. Selanjutnya jika tombol hold ditekan maka tampilanya berhenti pada pembacaan tegangan Vin terakhir, dan pada baris ke dua muncul “hold on”. Tekan lagi tombol hold untuk kembali ke tampilan normal.
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Digital Voltmeter 50Vdc


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).