Source Code Proyek Arduino Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol

Source code proyek Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol, Program Arduino Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol, Library Arduino Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol

Sistem Kerja Alat:
Arduino membaca data RTC (Real Time Clock) data yang diperoleh berupa jam, menit, detik, hari ke-, tanggal, bulan dan tahun.

Pada project kali ini kita membuat jam digital dengan tampilan seven segment 6 digit dengan sistem scanning data 7 segment. Angka yang ditampilkan pada masing masing digit ditampilkan secara bergantian dari digit 1 sampai digit 6 dengan jeda penampilan 3mS/digit sehingga seolah olah angkanya tampil secara bersamaan. RTC yang digunakan DS1307 sebagai sumber clock-nya. Sedangkan untuk seting jam, menit dan detik menggunakan 3 tombol push ON yang terhubung dengan pin Arduino.

Kebutuhan Hardware :
  • Modul Jam Digital display 7 segment 6 digit
  • Modul RTC DS1307
  • 3 Tombol push ON (tack switch)
  • Modul Arduino UNO
  • Power supply +9Volt

Jalannya Alat :
Tampilan pertama seven segment langsung menampilkan jam sesuai setingan RTC. Untuk merubah jam pertamakali tekan tombol “SET”, sehingga pada digit jam berkedip, kemudian tekan tombol UP untuk menambah jam atau tekan tombol DOWN untuk mengurangi jam. Selanjutnya jika jam sudah sesuai tekan tombol set lagi untuk seting menu, tekan tombol UP/DOWN untuk menyesuaikan menit.

Selanjutnya tekan tombol “SET” lagi untuk seting detik. Terakhir tekan tombol “SET”, sehingga seting jam selesai dan seven segment menampilkan setingan jam terakhir.
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Jam Digital Display 7 Segment 3 Tombol


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).