Source Code Proyek Arduino Jam Digital dengan LCD

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Jam Digital dengan LCD

Source code proyek Jam Digital dengan LCD Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Jam Digital dengan LCD ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Jam Digital dengan LCD, Program Arduino Jam Digital dengan LCD, Library Arduino Jam Digital dengan LCD, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Jam Digital dengan LCD

Sistem Kerja Alat:
Arduino UNO membuat jam digital (jam dan tanggal) hasilnya ditampilkan ke LCD Nokia tipe 5110. Jenis LCD ini seperti yang dipakai tampilan pada HP Nokia 5110. Betul, HP jaman jadul... Nah pada proyek ini kita akan membuat interfacing antara LCD Nokia dengan Arduino. Harganya relatif murah, tidak sampai 100 ribu. Komunikasinya juga tidak terlalu sulit karena didukung oleh pin SPI (Serial Peripheral Interface).

Spesifikasi dasar LCD Nokia 5110 :
  • Ukuran 84*48
  • Tegangan 3,3 V
  • Controller : PCD8544

Kebutuhan Hardware :
  • Arduino UNO Board
  • Modul LCD Nokia 5110
  • Modul RTC DS1307 atau DS3231
  • Power Supply 7-9 Vdc

Jalannya Alat :
Pada LCD akan tampil nilai jam beserta tanggalnya
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Jam Digital dengan LCD


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).