Source Code Proyek Arduino IoT Kontrol Relay via Internet

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino IoT Kontrol Relay via Internet

Source code proyek IoT Kontrol Relay via Internet Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino IoT Kontrol Relay via Internet ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus IoT Kontrol Relay via Internet, Program Arduino IoT Kontrol Relay via Internet, Library Arduino IoT Kontrol Relay via Internet, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino IoT Kontrol Relay via Internet

Kontrol peralatan listrik di rumah kita sekarang dapat dikendalikan melalui internet. Lampu rumah misalnya, dimanapun posisi kita asalkan terhubung dengan jaringan internet kita dapat mengontrolnya.

Kontrol relay melalui internet ini berbasis Arduino UNO dan modul WiFi ESP8266 dengan tambahan modul relay 4 channel.

Kebutuhan Hardware :
  • Arduino UNO Board
  • Modul WiFi ESP8266
  • Modul relay 4 cahnnel
  • Hotspot (jaringan WiFi)

Jalannya Alat :
Setelah program di Upload ke Arduino UNO, selanjutnya buka Serial Monitor di Arduino IDE ( Tools Serial Monitor) kemudian seting baudrate 9600. Akan tampil informasi tentang koneksi WiFi dan juga nomor IP-nya. Jika belum muncul, coba reset lagi sistemnya/Arduino-nya.

Selanjutnya pada folder proyek Kontrol Relay via Internet silakan buka (edit pakai program editor semacam Notepad dll) file “Kontrol Relay Internet.html”. Kemudian perhatikan di bagian bawah code html tadi ada angka/IP, sesuiakan dengan IP yang ada peroleh di Serial Monitor tadi. Kalau sudah, kemudian simpan (Save).

Pastikan juga di dalam folder tadi terdapat file “jquery.js”. Selanjutnya jalankan file “Kontrol Relay Internet.html” tadi di browser anda. Klik Relay 1 maka Relay 1 akan “ON”, klik lagi tombol Relay 1 maka Relay 1 di modul relay akan “OFF”, jadi sifatnya adalah toggle. Silakan dicoba di tombol lain untuk mengontrol relay 2, 3 dan 4.

Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino IoT Kontrol Relay via Internet


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).