Source Code Proyek Arduino Jam Digital Display 7 Segment

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Jam Digital Display 7 Segment

Source code proyek Jam Digital Display 7 Segment Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Jam Digital Display 7 Segment ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Jam Digital Display 7 Segment, Program Arduino Jam Digital Display 7 Segment, Library Arduino Jam Digital Display 7 Segment, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Jam Digital Display 7 Segment

Sistem Kerja Alat:
Arduino membaca data RTC (Real Time Clock) data yang diperoleh berupa jam, menit, detik, hari ke-, tanggal, bulan dan tahun.

Pada project kali ini kita membuat jam digital dengan tampilan seven segment 6 digit dengan sistem scanning data 7 segment. Angka yang ditampilkan pada masing masing digit ditampilkan secara bergantian dari digit 1 sampai digit 6 dengan jeda penampilan 3mS/digit sehingga seolah olah angkanya tampil secara bersamaan. RTC yang digunakan DS1307 sebagai sumber clock-nya.

Kebutuhan Hardware :
  • Modul Jam Digital display 7 segment 6 digit
  • Modul RTC DS1307
  • Modul Arduino UNO
  • Power supply +9Volt

Jalannya Alat :
Seven segment langsung menampilkan jam sesuai setingan RTC (Untuk merubah waktu ada pada pembahasan di script program).
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Jam Digital Display 7 Segment


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).