Source Code & Project Arduino Komunikasi dengan Modem Serial

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Komunikasi dengan Modem Serial

Source code proyek Komunikasi dengan Modem Serial Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Komunikasi dengan Modem Serial ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Komunikasi dengan Modem Serial, Program Arduino Komunikasi dengan Modem Serial, Library Arduino Komunikasi dengan Modem Serial, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Komunikasi dengan Modem Serial

Sistem Kerja Alat:
Modem yang kita bahas kali ini adalah modem SMS Getway. Modem SMS Getway digunakan untuk mengirim dan menerima SMS layaknya handphone, untuk membaca dan menulis SMS menggunakan komunikasi serial. Format data yang digunakan berupa AT Commant. Karena data dari modem berupa data serial maka arduino perlu ditambahkan modul RS232. LCD sebagai penampil data hasil komunikasi. Arduino sebagai pengolah data.

Kebutuhan Hardware :
  • Modem SMS GETWAY
  • Modul RS232
  • Modul LCD 2x16
  • Modul Arduino UNO
  • Power supply +9Volt

Jalannya Alat :
Jika komunikasi antara Arduino dengan Modem benar maka pada baris ke-2 menampilkan tulisan “OK”. Jika LCD tidak menampilkan tulisan OK kemungkinan pada koneksi serial yang Anda buat tidak sesuai atau mungkin nilai baud rate modem dengan Arduino berbeda. Jika koneksi benar tapi modem masih tidak bisa komunikasi, cek baudrate modem dengan menghubungkan modem dengan PC/laptop untuk laptop yang tidak ada com serial Anda bisa menggunakan kabel USB to SERIAL DB9.

Selanjutnya buka aplikasi hyperterminal. Beri nama pada kolom Name, kemudian OK. Pada dialog box Connect To, pilihlah COM dari instal kabel USB to SERIAL tadi anda bisa lihat di Device manager (Anda bisa cari device manager lewat search program and file di menu windows), kemudian OK. Maka akan muncul jendela COM Properties, isikan pada kolom (pada kolom bit per second anda bisa coba dengan beberapa baudrate untuk mencari baudrate yang sesuai)

a. Bits per second = 9600 / 19200 / 115200
b. Data bits = 8
c. Parity = None
d. Stop bits = 1
e. Flow control = None

Tekan OK, maka Hyper Terminal siap melakukan komunikasi dengan modem. Selanjutnya anda ketik “AT” lalu ENTER jika baudrate benar maka modem mengirim OK. Apabila baudrate bukan 9600, misal 19200 yang bisa digunakan maka anda bisa ganti baudrate tersebut dengan ketik “AT+IPR=9600” kemudian ENTER. Selanjunya Anda buka ulang lembar Hyperterminal baru dan seting ulang hyperterminal dengan baudrate 9600bps. Selanjutnya Anda ketik “ATE0” lalu ENTER. Setelah itu ketik “AT&W” untuk menyimpan setingan modem, modem siap dihubungkan dengan Arduino. Matikan modem dan hubungkan dengan Arduino, RESET Arduino.
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Komunikasi dengan Modem Serial


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
Hosting murah minimal order 1 bulan cuma 20rb. Gunakan voucher diskon 30%, kode voucher: MCP, total bayar hanya 14rb!!! Daftar sekarang