Source Code Proyek Arduino Monitoring Posisi Kendaraan

Artikel Terkait Arduino

Apa itu Arduino dan Pemrogramannya?

Arduino merupakan mikrokontroller atau pengendali mikro single board yang bersifat open source, telah menjadi salah satu proyek Open Source Hardware paling populer hingga saat ini.

Arduino dan Pemrogramannya dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR. Softwarenya terdiri dari beberapa alat yakni Integrated Development Environment(IDE), Text-Editor, Compiler, Serial Monitor, dan Serial ISP Programmer.

Project Arduino Monitoring Posisi Kendaraan

Source code proyek Monitoring Posisi Kendaraan Arduino ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, dapat digunakan untuk project komersil, skripsi, maupun untuk belajar bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Arduino.

Source code Project Arduino Monitoring Posisi Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Skematik Proteus Monitoring Posisi Kendaraan, Program Arduino Monitoring Posisi Kendaraan, Library Arduino Monitoring Posisi Kendaraan, dan Datasheet project.
Download Project Arduino

Source Code Arduino Monitoring Posisi Kendaraan

Sistem Kerja Alat:
Sistem keamanan kendaraan berbasisi SMS dan GPS, jika kendaraan dicuri maka pemilik kendaraan bisa mengetahui lokasi kendaraan dengan GPS dan dapat mengontrol power kendaraan tersebut dengan SMS. Sisitem kendali jarak jauh menggunakan Modem SMS sedangkan pembacaan lokasi menggunakan Modul GPS. Untuk mengetahui lokasi kendaraan cukup dengan SMS “GET LOCATION” setelah SMS dikirim dan dibaca oleh  modem kemudian modem mengirimkan balasan berupa lokasi kendaraan ke nomor pengirim SMS tersebut.

Kebutuhan Hardware :
  • Modul GPS NEO6MV2
  • Modul SMS SIM800L V2
  • Modul Relay
  • Modul LCD 2x16
  • Modul Arduino UNO
  • Power supply +9Volt

Jalannya Alat :
Tes koneksi antara Modul SIM800L dengan Arduino dengan mengirim AT Commant “AT” ke Modul SIM800L, tunggu sampai koneksi “OK”. Selanjutnya tampilkan keterangan alat. Tampilan normal menampilkan lokasi / posisi GPS tersebut. Jika ada SMS masuk maka isi SMS akan dibaca dan di balas, format SMS sebagai berikut:

GET LOCATION: Berupa lokasi kendaraan
POWER OFF: MOTOR OFF
POWER ON: MOTOR ON
Jika format salah: FORMAT SALAH!

Tulisan harus besar semua. Besar kecil tulisan berpengaruh / casesensitive. Saran, jika di apilkasikan pada kendaraan LCD tidak usah digunakan dan power supply langsung dari aki jangan lupa gunakan regulator 5V.
Download Source Code Arduino

Download Source Code Arduino Monitoring Posisi Kendaraan


Download source code program Arduino lainnya lengkap dengan Skematik Proteus, Program, Library dan Datasheet Arduino di halaman berikut Source Code Arduino Terlengkap.

Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).