Internet Gateway Device dalam Praktik Membangun IoT Middleware dengan Raspberry PI

Artikel Terkait Internet of Things ( IoT )

Bagian terakhir dari IoT middleware adalah sebuah perangkat yang meneruskan data ke aplikasi pada lingkungan cloud computing. Untuk itu diperlukan sebuah perangkat lunak dengan fungsi meminta atau berlangganan (subscribe) data ke message broker selanjutna mengirim ke cloud dengan protokol HTTP (RestFull). Pada gambar di bawah ini adalah gambaran dari alur sistem ini. Pada IoT middleware di dalamnya terdapat sebuah program yang bertugas untuk berlangganan topik / dht ke semua middleware dalam infrastruktur IoT. Pada infrastruktur IoT memungkinkan terdiri dari lebih dari satu message broker. Data yang di dapat kemudian diteruskan ke web services dari aplikasi IoT dengan method POST. Dengan memanfaatkan koneksi internet jaringan seluler pada pembahasan sebelumnya.

 

Skema Komunikasi Internet Gateway

 

Contoh program yang melakukan subscribe terhadap topik yang telah di-publish oleh node sensor dapat dilihat pada kode program 8 InternetGw.py. Untuk menjalankan program ini dibutuhkan pip install paho-MQTT. Program ini dapat dijalankan pada IoT middleware atau perangkat lain yang berada dalam satu jaringan lokal (intranet) dengan message broker. Berikut adalah penjelasan dari potongan kode di program 8 InternetGw.py.

 

Pada baris 70 sampai dengan 79 adalah potongan kode untuk fungsi subscribe topik "/dht" ke message broker dengan protokol MQTT. Program ini akan berlangganan topik "/dht". Pada baris 14 sampai baris 68 adalah kode program untuk mengubah format data yang di dapat dari proses subscribe ke dalam format json. Data berupa temperature dan humidity dari sensor DHT22, adapun isi data berisi informasi "device", "temp", "humid" dan "time". Sebelum data dikirim perlu ditambahkan header agar sesuai dengan mekanisme komunikasi dengan protokol HTTP. Header dapat berupa informasi data yang dikirim, dalam contoh yaitu: 'Content-type': 'application/json'. Berikutnya dengan method POST pada baris 17 data akan dikirim ke alamat 206.189.94.98 yang merupakan alamat dari aplikasi IoT pada sebuah VPS di lingkungan cloud computing.

 


Sebelum menjalankan program ini, pastikan akses internet sudah tersedia. Berikutnya jalankan kode program 8 pada terminal dengan perintah Phyton InternetGw.py.
 
 



Katalog produk arduino, cek dibawah ini.


Rekomendasi Web Hosting
  1. 20rb perbulan. Diskon hingga 40% kode kupon: MCP Daftar disini (apache).
  2. 10rb perbulan. Diskon hingga 75% kode kupon: MCP Daftar disini (litespeed).
  3. 10rb perbulan. Diskon hingga 70% kode kupon: aff-MCP Daftar disini (apache).